Dark
Light

Experts Exchange: Siri Lebih Memuaskan Ketimbang Google Now dan Cortana

1 min read
November 10, 2015

Sampai detik ini ada tiga aplikasi asisten virtual yang paling populer, yaitu Siri, Cortana dan Google Now. Masing-masing dikembangkan oleh Apple, Microsoft dan Google Now. Jika ditanya, sudah barang tentu ketiganya akan menjawab piranti lunak buatannya adalah yang terbaik, tapi di kompetisi apapun tak ada dua orang pemenang.

Dalam sebuah riset terbaru yang dirilis oleh Experts Exchange terungkaplah siapa yang lebih baik di antara ketiga software di atas. Siapa yang paling akurat dan siapa yang mampu memuaskan pengguna.

Untuk mengukur kepuasan pengguna, peneliti memberikan beberapa pertanyaan. Beberapa di antaranya soal jadwal peluncuran film, jumlah kalori dalam makanan dan perintah menghidupkan berbagai fitur di ponsel.

perbandingan siri, cortana dan google now

Hasilnya, Siri mendapatkan rating kepuasan paling tinggi sebesar 81%, sementara Google Now hanya 68% dan Cortana paling bawah dengan 57%.

Tak berbeda, untuk menguji akurasi software, peneliti juga melakukan serangkaian tes dan menggunakan tingkat kesalahan jawaban sebagai indikator. Lagi-lagi, berbanding lurus dengan tingkat kepuasan, Siri menjadi jawaranya dengan mencatatkan kesalahan terendah sebesar 2,6%. Google Now di peringkat kedua dengan 4% dan Cortana paling sering memberi jawaban keliru sebesar 8%.

Riset ini juga mengungkap persentase kemampuan ketiganya dalam memberikan jawaban tanpa mengarahkan pengguna ke pencarian web. Siri dan Google Now berimbang dengan persentase hanya 5%, sementara Cortana sebesar 7%.

Dari data ini maka dapat disimpulkan bahwa Siri adalah aplikasi asisten virtual paling memuaskan di muka bumi versi Experts Exchange. Disusul oleh Google Now dan Cortana di posisi dua dan tiga. Namun Apple belum bisa bernafas lega, mengingat perbedaan persentasenya dengan Google Now tak terpaut jauh.

Sumber berita Slashgear.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halodiana luncurkan aplikasi mobile / Halodiana
Previous Story

Halodiana Mulai Babak Baru Persaingan Layanan Asisten Virtual dengan Luncurkan Aplikasi Mobile

Next Story

Layanan 4G LTE Komersial XL Resmi Tersedia di Bandung

Latest from Blog

Don't Miss

Deretan Pengumuman Paling Menarik yang Apple Singkap di WWDC 2021

Seperti biasa setiap pertengahan tahun, Apple menggelar konferensi developer tahunannya

Apple Hentikan Produksi HomePod Orisinal

Diperkenalkan pertama kali di tahun 2017, HomePod merupakan debut perdana