1. Startup

Sirka Rampungkan Pendanaan Awal Senilai 37 Miliar Rupiah

Pendanaan dipimpin oleh AC Ventures dan Wavemaker Group, turut didukung Maudy Ayunda sebagai angel investor

Setelah mengantongi pendanaan dari Sequoia Capital India, Y Combinator, dan Tim Lee (ex-Sequoia) awal bulan September 2021, Sirka.io mengumumkan investasi lanjutan untuk putaran pendanaan awal mereka. Total nilai yang didapat adalah $2,6 juta atau 37,4 miliar Rupiah, putaran ini dipimpin AC Ventures dan Wavemaker Group.

Investor baru yang turut terlibat adalah Maudy Ayunda. Ini sekaligus menjadi pendanaan kedua di startup digital setelah sebelumnya ia berinvestasi di platform online grocerySegari.

Dana segar ini rencananya akan digunakan  membangun komunitas kesehatan. Sirka juga berencana untuk memperkaya fitur dan penawaran di platform, melakukan penelitian dan kemitraan dengan penasihat medis dan F&B, juga penyedia pasokan obat-obatan untuk meningkatkan keberhasilan program penurunan berat badan dan pemulihan kesehatan pra-kronis.

Sirka saat ini berfokus pada konseling penurunan berat badan berbasis langganan. Ke depannya perusahaan sedang menjajaki obat-obatan dan persediaan pendukung jangka panjang lainnya untuk mengobati penyakit kronis seperti diabetes.

"Kami percaya pada kekuatan teknologi, ilmu pengetahuan, informasi, dan empati manusia untuk menyederhanakan perjalanan kesehatan pribadi. Itu sebabnya kami membuat pendekatan berbiaya rendah untuk membantu orang memahami dan mengoptimalkan kesehatan mereka melalui penilaian di rumah, rencana tindakan yang dipersonalisasi, dan pemantauan berkelanjutan, dimulai dengan perawatan berat badan,” kata Co-Founder & CEO Sirka Rifanditto Adhikara.

Penerapan tools yang relevan

Sejak diluncurkan bulan April 2021, Sirka.io telah memiliki pertumbuhan pengguna hingga 60% setiap bulannya. Program eksklusif tersebut diklaim telah membantu lebih dari seribu anggota mencegah atau mengelola penyakit kronis melalui penurunan berat badan pribadi.

Mereka juga telah melayani di 32 kota dengan jumlah ahli gizi dan nutrisi yang dimiliki sekitar 10 orang. Untuk menyelaraskan misi dan visi perusahaan, Sirka.io tidak merekrut mitra, namun langsung mempekerjakan ahli gizi dan nutrisi menjadi pegawai. Cara seperti itu menurut mereka lebih efisien bagi perusahaan untuk saat ini dan ke depannya.

Konsep yang ditawarkan oleh Sirka  sebelumnya masih banyak ditawarkan secara offline kepada pengguna yang ingin mendapatkan konsultasi gizi secara personal. Sirka.io memberikan pilihan untuk melakukan semua kegiatan tersebut secara online langsung kepada mitra ahli gizi berkualitas.

Dengan membawa misi untuk membantu individu menjalani hidup yang lebih sehat, produk Sirka dibuat lebih terjangkau dan kenyamanan. Komunikasi langsung dengan profesional kesehatan memungkinkan kontak dan panduan yang rutin, yang pada akhirnya memberi pengguna biaya yang relevan untuk solusi penurunan berat badan.

“Dimulai dengan ahli gizi yang dapat dihubungi pada waktu yang tepat sepanjang hari melalui aplikasi mereka. Kami menyukai pendekatan Sirka dalam memanfaatkan teknologi dan pengetahuan untuk  kesejahteraan fungsional yang bisa dijangkau jutaan orang,” kata Founder & Managing Partner AC Ventures Adrian Li.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again