29 April 2015

by Glenn Kaonang

Sisipkan Fungsi Wireless ke Earphone Apapun dengan Noble BTS

Pada kategori produk apapun, manfaat teknologi wireless amatlah jelas, yakni menambah kepraktisan penggunaan. Di dunia perangkat audio, nilai praktis yang disuguhkan teknologi wireless ini sangat terasa manfaatnya.

Anda kini bisa memutar musik menggunakan Bluetooth speaker, atau menikmatinya sendirian memakai Bluetooth headphone/earphone, tanpa direpotkan oleh keberadaan kabel. Namun dalam banyak kesempatan, hal ini berarti speaker, headphone dan earphone lawas Anda yang tak dilengkapi Bluetooth harus diabaikan begitu saja.

Pada kenyataannya, tidak semua headphone atau earphone kelas atas dilengkapi dengan teknologi nirkabel. Jika Anda mempunyai earphone andalan yang tak dilengkapi Bluetooth, maka Anda harus membeli earphone baru demi menikmati kepraktisan yang ditawarkan teknologi wireless.

Namun itu bukan satu-satunya opsi yang tersedia. Noble Audio, perusahaan yang cukup dikenal akan custom IEM-nya (in-ear monitor), baru saja meluncurkan produk baru yang inovatif. Bernama BTS, perangkat ini akan menyulap earphone apapun milik Anda menjadi sebuah wireless earphone.

Info menarik: Z:ero Adalah Earphone dan Amplifier + DAC dalam Satu Paket

Noble BTS sejatinya merupakan sebuah tabung kecil berbobot 10 gram yang dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth 4.0, plus dukungan codec aptX maupun ALAC (Apple lossless). Tancapkan kabel earphone ke BTS, maka Anda bisa mendengarkan musik dari smartphone atau laptop yang terletak di meja 10 meter dari posisi Anda.

Noble BTS bisa disambungkan dengan dua perangkat sekaligus, dan ia kompatibel dengan perangkat Android maupun iOS. Baterainya diyakini mampu bertahan hingga 7 - 8 jam, sedangkan charging memerlukan waktu 2 jam via sambungan microUSB.

Kendati demikian, tentunya Anda masih akan berhadapan dengan kabel milik earphone Anda yang menancap ke BTS. Perangkat ini juga hadir bersama kabel 2-pin yang bisa dilepas-pasang sehingga pengguna bisa memakainya seperti kalung, atau menjepitkannya di kantong baju.

Pada akhirnya, yang terpenting adalah bagaimana earphone kepercayaan Anda yang tak dilengkapi Bluetooth bisa disisipi fungsi wireless. Anda sudah bisa melakukan pre-order Noble BTS seharga $99 melalui situs resminya.

Sumber: Noble Audio dan Gizmag.