Berita

Sistem Pembayaran di Facebook, On The Way!

Seperti yang sudah kita ketahui Facebook bermasalah dalam memonetisasi platformnya, padahal para pengembang aplikasi Facebook justru sudah banyak yang mengeruk keuntungan dari games dan virtual goods di Facebook. Dalam waktu dekat, Facebook berencana untuk merubah permainan dengan menerapkan sistem credits dan sistem pembayaran. Facebook berencana untuk mengajak para developer aplikasi Facebook untuk mencoba (alpha testing) sistem ini, meskipun sistemnya belum selesai secara sempurna.

Sistem pembayaran ini memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menjadi populer, bahkan bisa sanggup mengalahkan kepopuleran PayPal sekalipun. Dengan basis pengguna yang sangat besar, Facebook seharusnya tidak kesulitan dalam mendrive pengguna untuk menggunakan platform pembayaran mereka dengan fitur-fitur seperti virtual goods, reward system, jual-beli barang dan lain-lain.

Facebook memang terkesan belum terlalu fokus mengurus sistem pembayaran ini selain mengembangkan fitur virtual gift store yang mulai aktif Februari 2007. Platform untuk developer sendiri diluncurkan bulan Mei 2007 dan di akhir 2007 Facebook mulai melakukan riset dengan mengumpulkan feedback dari para developer. Sejak itu para developer-pun dengan sukses meraup keuntungan dari platform virtual goods ini, dan berita bagus untuk Facebook adalah ternyata model ini cukup sustainable meskipun masih harus dikembangkan lebih jauh.

Jambool dan Twofish, dua layanan penyedia platform virtual good sudah mengadakan pembicaraan dengan Facebook untuk mengembangkan platform virtual goods milik Facebook. Bahkan rumor mengatakan bahwa Jambook kemungkinan akan dijual ke Facebook, namun kembali Facebook terkesan tidak fokus dan justru melakukan eksperimen dengan virtual currency yang diberi nama 'credits' beberapa bulan lalu. Facebook sendiri mengklaim credits ini berkaitan erat dengan virtual goods yang sedang dikembangkan.

Kita tinggal bisa menunggu saja bagaimana jadinya sistem pembayaran di Facebook ini, saya sih sangat penasaran untuk melihat sebuah sistem alternatif dari PayPal dengan kekuatan komunitas yang menjadi pondasi yang kuat.

sumber:venturebeat

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter