Lifestyle

8 Situs Freelance Terbaik untuk Cari Duit Tambahan Secara Online

Situs freelance baik lokal maupun internasional menawarkan peluang pendapatan yang bervariasi, dan pada umumnya menerapkan cara kerja yang sama kendati ada perbedaan kecil di beberapa tempat seperti fitur, cara pencairan fee dan potongan.

Banyak orang yang terdampak pandemi melirik pekerjaan tambahan dengan menjadi freelance, memanfaatkan keahlian mereka. Jika Anda juga mengalami kondisi serupa, ke 8 situs freelance ini bisa jadi alternatif terbaik yang menawarkan peluang tambahan pemasukan.

Projects.co.id

Projects.co.id merupakan satu dari sekian situs freelance Indonesia yang menyediakan wadah untuk mempertemukan para pencari kerja dan pebisnis yang membutuhkan talenta jasa dari setiap kalangan.

Meski serupa dengan Sribulancer atau Freelancer, Projects rupanya punya cara lain untuk meningkatkan daya saing bisnis di antara para pesaingnya tersebut, yakni dengan mengandalkan marketplace jual-beli produk digital.

Dalam marketplace freelancer, Projects menarik fee sebesar 12% yang diambil dari nilai kontrak kerja. Sementara itu, dalam marketplace jual-beli produk digitalnya, opsional model bisnisnya jauh lebih beragam, seperti penarikan fee dari transaksi sebesar 15%, biaya transfer sebesar Rp 7.500, hingga sejumlah fee yang ditarik dari pembayaran via kartu kredit.

Fastwork.id

Fastwork memulai kiprah pada tahun 2015 di Thailand dan masuk ke Indonesia pada pertengahan 2018. Di pasar lokal, bertekad memudahkan tenaga kerja lepas meraih pendapatan ekstra dari berbagai proyek yang tersedia di situsnya.

Alasan utamanya jelas untuk merebut pasar Indonesia yang merupakan terbesar di Asia Tenggara. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018 menyebut ada 56,8% masyarakat bekerja di sektor informal, termasuk freelancer.

Sribulancer.com

https://www.youtube.com/watch?v=bw_HQX_VaxU

Seperti layanan utamanya Sribu, Sribulancer menjadi peluang baru bagi freelance untuk mencari pemasukan tambahan. Caranya dengan menemukan berbagai jenis pekerjaan yang dicari oleh pebisnis untuk kemudian mengambil tawaran pekerjaan.

Fee yang ditawarkan pun beragam yang tentu disesuaikan dengan masing-masing bobot jenis pekerjaan. Jangan lupa, hasil pekerjaan akan dipilih berdasarkan penilaian tertentu dari pebisnis.

Freelancer.com

Jika bicara situs freelance, rasanya tak boleh meninggalkan nama Freelancer.com yang juga sudah menjejakkan kaki ke Indonesia sejak beberapa tahun silam. Sebagai salah satu platform freelance paling senior, Freelancer punya reputasi yang sangat baik.

Ada sistem milestone yang memberikan jaminan kepada pemberi kerja untuk memperoleh progress secara konsisten dan bagi freelance, mereka dimanjakan dengan tingginya jumlah pekerjaan dan juga fee yang ditawarkan.

Sribu.com

Hampir sama dengan Sribulancer, di Sribu ini transaksi antara penjual dan pembeli terjadi. Namun konsepnya terfokus pada desain dan kontes. Secara sederhana, Sribu adalah platform yang mempertemukan antara klien yang membutuhkan desain (contest holder) dan desainer.

Konsepnya memang sangat unik, bisa dibilang sedikit mirip dengan GantiBaju.com tetapi lebih cenderung ke kontes desain, kalau GantiBaju.com lebih ke kontes dan penjualan t-shirt-nya, tetapi untuk Sribu.com hanya ke kontesnya saja. Sribu.com ini lebih tepat jika diperbandingkan (memiliki layanan yang mirip) dengan dari 99designs.com.

Fiverr.com

Kendati belum secara resmi hadir di Indonesia, Fiverr telah sejak lama jadi salah satu mainan para freelancer lokal. Di situs freelance ini, Anda dapat menawarkan jasa dengan tarif maksimal $5, namun bisa diset secara akumulatif sehingga Andapun dapat membuat paket bundling dengan kelipatan $5.

99Designs

https://www.youtube.com/watch?v=7WGcdcRRXxM

Situs freelance ini lebih banyak bicara soal desain mulai pembuatan logo sampai dengan pembuatan sampul buku. Selain pekerjaan berbau desain, pengguna juga boleh membuat kontes yang dapat diikuti oleh siapapun yang terdaftar di platform.

Toptal

https://www.youtube.com/watch?v=rA_zSfjM2Vo

TopTal juga belum beroperasi di Indonesia, tapi Anda tetap dapat ikut merasakan manfaat dengan menjadi salah satu freelancer-nya. Ada banyak ragam jenis pekerjaan lepas yang ditawarkan di Toptal, hampir segemuk Freelancer.com.

Selain kategori pekerjaannya yang luas, Toptal juga memberikan jaminan kepada pemberi kerja akan reputasi para pekerja lepasnya. Kemudian ada pula sistem monitor yang mempermudah mereka melakukan tracking pekerjaan secara berkala.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again