12 February 2016

by Glenn Kaonang

Situs Ini Menyimpan Koleksi Game untuk Windows 3.1, Bisa Dimainkan Langsung di Browser

Diisi oleh judul-judul legendaris seperti SkiFree, Gopher-It, Brickbuster dan masih banyak lagi

Internet Archive merupakan sumber terlengkap dari beragam konten internet dari sejak awal teknologi tersebut menyebar. Di saat yang sama, Internet Archive rupanya juga bermisi menjadi museum software-software tua – termasuk malware – yang pastinya akan terasa kuno sekali di tahun 2016 ini.

Salah satu koleksi yang amat menarik perhatian adalah Windows 3.x Showcase. Ini pada dasarnya merupakan kumpulan software yang dulunya dibuat untuk Windows 3.1 yang populer di tahun 1992 - 1994, sebelum akhirnya digantikan oleh Windows 95.

Semua software dan game yang ada dalam koleksi ini dapat langsung dijalankan lewat browser tanpa harus meng-installplugin tambahan terlebih dulu. Koleksinya mencakup judul-judul klasik dan legendaris, mulai dari SkiFree, Gopher-It, Brickbuster, Chessnet, Sea Battle, sampai Wheel of Fortune: Deluxe Edition.

Hampir bisa dipastikan Anda yang sempat menggunakan Windows 3.1 mengenal betul judul-judul di atas. Setelah mencoba memainkan Gopher-It, saya benar-benar tidak percaya kalau dahulu saya bisa mencatatkan skor yang begitu tinggi dengan menggunakan mouse bola yang amat jadul; lebih tinggi daripada sekarang, padahal sekarang mouse yang saya pakai adalah mouse gaming yang notabene jauh lebih responsif.

Terlepas dari itu, koleksi ini merupakan obat kangen yang begitu efektif dan mudah sekali diakses. Silakan kunjungi langsung situsnya di browser komputer masing-masing. Selebihnya saya ucapkan selamat bernostalgia…

Sumber: TheNextWeb.