Categories

Gadget

Situs Lazada Indonesia 'Tumbang' Karena Flash Sale Xiaomi Redmi 1S

wiku - 4 September 2014

Waktu yang ditunggu telah tiba, penikmat gadget yang telah mendaftarkan diri untuk membeli Redmi 1S dari Mi Indonesia akhirnya bisa membeli perangkat ini secara online di Lazada.

Sayangnya saat momen yang ditunggu ini hadir situs Lazada ‘tumbang’ dan sempat beberapa kali tidak bisa diakses atau proses loading-nya lama. Kebetulan saya sendiri ikut serta dalam flash sale kali ini dan termasuk satu konsumen yang hampir furstrasi karena tidak bisa menyelesaikan proses pembelian dalam waktu singkat.

Sejatinya, setelah kita klik pembelian dan akan mengkonfirmasi pembayaran, waktu yang dibutuhkan tidak harus lama. Saya biasa membeli tiket secara online dan waktu yang dibutuhkan tidak sampai 10 menit. Tapi proses pembelian Redmi 1S di Lazada ini kurang lebih berjalan lebih dari 30 menit bahkan kurang lebih sampai 40 menit sampai akhirnya saya bisa menyelesaikan proses pembelian.

Dari akun Twitter resmi Lazada ID juga tampak situs online ini kurang siap/salah perhitungan menangani minat yang besar untuk produk Xiaomi atau Mi Indonesia.

 

Produk Xiaomi terkenal ludes dalam waktu singkat, untuk di Indonesia akun Twitter Lazada sendiri awalnya menyatakan bahwa Redmi 1S ini sold out dalam satu menit yang akhirnya dikoreksi menjadi 30 detik, meski saat tulisan ini ditulis dua Tweet tersebut sepertinya telah dihapus.

Entah seperti apa perhitungan angka ini bisa muncul namun dari pemantauan beberapa akun Twitter, rata-rata lebih dari 30 menit proses pembelian baru berhasil diselesaikan. Bahkan TIA menyebutkan kurang lebih 1 jam produk ini baru sold out.

TeknoKompas beberapa hari yang lalu sempat menuliskan bahwa mereka yang mendaftarkan untuk ikut serta dalam flash sale Redmi 1S mencapai lebih dari 50 ribu orang per tanggal 2 September kemarin. Jumlahnya tentu bertambah karena pendaftaran untuk bisa membeli Redmi 1S sendiri ditutup pukul 12 malam tanggal 3 September 2014. Angka terakhir adalah 60.542 orang yang siap antre untuk membeli Redmi 1S.

Menurut informasi jumlah produk yang dijual atau stok yang tersedia di flash sale kali ini jumlahnya kurang lebih 5000 unit. Meski demikian, dikutip dari TeknoKompas pihak Lazada belum menyebutkan angka resmi karena masih dalam proses menghitung untuk jumlah unit yang terjual serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sold out. (update llihat bagian bawah.

 

Info menarik Strategi Xiaomi Demi Tawarkan Smartphone Berperforma Tinggi di Harga Terjangkau

 

Flash sale menurut hemat saya sejatinya harus didukung pula dengan kemampuan situs online yang mumpuni menangani permintaan traffic yang cukup besar dalam waktu bersamaan. Pendaftaran yang sebelumnya dilakukan bisa menjadi prediksi seperti apa kesiapan di belakang layar dari sisi teknologi. Meski kemungkinan down masih bisa terjadi tetapi tentunya bisa diminimalisir.

Ketika konsumen telah stand by untuk berebut membeli, tentunya akan tidak nyaman ketika pada saat prosesnya load situs lama atau bahkan down. Apalagi sudah seharusnya e-commerce (saya membayar pakai kartu kredit) menghilangkan berbagai ketidaknyamanan yang biasa kita dapatkan pada cara pembelian lain sepreti antre, proses lama dan sebagainya.

Redmi 1S sendiri adalah produk pertama yang secara resmi masuk ke Indonesia, Mi Indonesia telah menggelar peluncuran resmi dan mengumumkan pihak yang akan bekerja sama dalam penjualan produk ini, termasuk Lazada serta Trikomsel.

Dari pengamatan terakhir di situs Lazada, telah diumumkan bahwa Redmi 1S terjual habis, meski demikian ada pengumuman tambahan bahwa konsumen bisa menantkan informasi penjualan berikutnya di Lazada.co.id. Apakah ini berarti akan ada penjualan flash sale lagi alias restock atau seperti apa, informasinya akan diumumkan kemudian.

Semoga untuk penjualan selanjutnya, Lazada.co.id sudah bisa lebih siap menangani minat konsumen sehingga ketidaknyamanan karena situs down atau load yang lama bisa dihindari.

Untuk Anda yang telah berhasil membeli, selamat dan silahkan bersiap menikmati produk dari Xiaomi.

 

Update: Situs Duniaku menuliskan bahwa 5000 Redmi 1S terjual dalam waktu 45 menit. Angka ini sepertinya didapatkan dari informasi bahwa ada 5000 unit yang disiapkan untuk konsumen Indonesia dan proses membeli yang dicoba langsung.

Selain itu situs KabarDigital menyebutkan bahwa Redmi 1S ludes dalam 7 menit, namun kalau membaca keterangannya sepertinya 7 menit ini dihitung sejak situs Lazada berhasil diakses atau tidak down lagi. Di artikel yang sama disebutkan situs Lazada.co.id sempat down selama 30 menit.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter