Categories

Tips

Ketika Situs Responsif Lebih Unggul Pemanfaatannya Ketimbang Aplikasi Mobile

Masih soal web vs app, situs responsif mengoptimalkan pengindeksan di mesin pencari

Michael Erlangga - 22 May 2015

Perdebatan perihal mengembangkan aplikasi mobile atau situs responsif selalu berujung pada tujuan bisnis dari setiap startup itu sendiri. Memiliki keduanya bukan solusi ketika konteksnya ialah masalah keterbatasan dana dan sumber daya. Kendati popularitasnya cenderung lebih tinggi, app dinilai tidak mampu menggantikan kehadiran situs responsif yang bisa mengindeks, dan menyajikan data/konten lebih rapi dan terstruktur.

Mobile app mewajibkan pengguna untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Pertimbangan koneksi Internet, kuota data, dan perihal kepraktisan di awal jelas menjadi kendala utama startup untuk melakukan penetrasi bisnis melalui mobile app. Namun yang terjadi setelahnya ialah fitur, UI/UX, yang baik jelas menjadi daya tarik tersendiri. Lalu peralihan konten menjadi sangat singkat dikarenakan kode struktur tampilan telah disematkan ke dalam perangkat itu sendiri.

Lain hal dengan situs responsif yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama ketika pengguna beralih antara satu halaman ke halaman lain, juga setiap aktivitas action script yang dijalankan. Namun situs responsif dinilai lebih unggul dengan memotong inisiasi awal mengunduh aplikasi dan mempelajari struktur navigasinya kembali. Tidak melupakan fakta bahwa mobile browser kini hampir tersedia di beberapa jenis sistem operasi.

Mengapa membuang waktu singkat hanya untuk mencari, mengunduh, dan menjalankan aplikasi untuk mendapatkan konten yang sama?

Dikutip dari Whoops, setiap startup mampu meningkatkan valuasi perusahaan dengan memaksimalkan kenyamanan pengguna. Dari situ, mereka perlu memperkaya kemampuan untuk mendistribusikan konten melalui cara yang tepat. Dalam kasus ini, mesin pencari menjadi pemain penting.

Caranya ialah memaksimalkan yang menjadi poin terkuat dari situs responsif; mengarahkan langsung ke data dan konten yang telah terindeks serta terkurasi dengan sempurna. Lantas menanggalkan hal-hal yang memperlambat proses situs bekerja, yakni presentation layer yang memuat keseluruhan framework yang memberatkan penyajian halaman dalam prosesnya.

Singkatnya, situs yang responsif mengizinkan penggiat startup untuk lebih menitikberatkan pada kesempurnaan produk serta kekayaan konten mereka ketimbang harus menyalurkan perhatian pada hal baru yang nantinya berisi hal yang sama.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter