29 September 2017

by Glenn Kaonang

Jutaan Objek 3D Koleksi Sketchfab Kini Dapat Dinikmati dalam Mode Augmented Reality

Sementara baru untuk iOS 11, namun dalam waktu dekat versi Android-nya bakal menyusul

Tahun 2017 bisa dibilang sebagai tahun comeback untuk augmented reality. Kehadiran ARKit dan ARCore di iOS dan Android pada dasarnya membuka pintu bagi para developer untuk menciptakan konten AR berkualitas dengan mudah, sehingga pada akhirnya kita bakal lebih sering bermain-main dengan objek virtual di dunia nyata.

Mengingat iOS 11 yang membawa ARKit sudah resmi dirilis, developer pun langsung tancap gas. Salah satu yang terbaru adalah Sketchfab, platform berbagi untuk para kreator 3D yang sejauh ini sudah memiliki sekitar 2 juta objek 3D dalam koleksinya.

Dalam versi terbaru aplikasi Sketchfab untuk iOS, pengguna bakal menjumpai sebuah tombol baru untuk mengaktifkan mode AR saat mengamati objek 3D. Klik tombol tersebut, lalu pengguna akan diminta untuk mengarahkan kamera iPhone atau iPad-nya ke permukaan datar seperti meja atau lantai.

Objek 3D yang dipilih seketika juga akan muncul, dan pengguna bebas menyesuaikan ukurannya, lalu mengamati detailnya dari segala sudut. Untuk sekarang, Sketchfab mengakui bahwa masih ada problem lag dalam mode AR ini dikarenakan mereka masih mengandalkan web view, namun ke depannya mereka akan terus berusaha untuk mengoptimalkannya.

Mode AR pada Sketchfab memang hanya terbatas untuk sekadar dilihat-lihat saja, tapi dengan koleksi objek 3D yang masif, bukan tidak mungkin ia bakal menyita banyak waktu luang Anda. Dalam waktu dekat, Sketchfab juga berencana menghadirkan dukungan ARCore pada aplikasi Android-nya.

Sumber: TechCrunch dan Sketchfab.