Categories

Gadget

Skor Kamera Samsung Galaxy S9 Plus di DxOMark, Kalahkan Google Pixel 2 dan iPhone X

Samsung Galaxy S9 Plus mendapatkan skor 99, lebih tinggi dari Google Pixel yang mendapatkan poin 98

Bambang Winarso - 2 March 2018

Bukan hal baru jika DxOMark mempunyai ulasan kamera baru menyusul resminya beberapa smartphone flagship di ajang MWC 2018. Nama-nama seperti V30S dan Samsung Galaxy S9 sudah semestinya masuk dalam daftar godokan mereka.

Hasilnya, jika Oktober lalu DxOMark menyebut nama Google Pixel 2 sebagai kamera smartphone dengan rating tertinggi dengan skor 98 poin. Kali ini, Google harus menyerahkan mahkota itu kepada Samsung, pasalnya dalam pengujian terbaru DxOMark, Samsung Galaxy S9 Plus dinobatkan sebagai juaranya, mengalahkan tidak hanya Google Pixel 2 tapi juga iPhone X, smartphone yang disebut paling inovatif.

skor kamera Samsung Galaxy S9 Plus

Sesuai pengujian, Samsung Galaxy S9 Plus mengalahkan Google Pixel 2 dengan skor DxOMark tertinggi untuk kamera ponsel saat ini, sekaligus menjadi smartphone pertama yang memperoleh rating keseluruhan 99 poin. Samsung Galaxy S9 Plus mencetak 104 poin dalam tes foto. Sedangkan dalam uji video, S9 Plus mencatatkan skor DxOMark 91 poin, dibandingkan dengan 96 poin yang dibuat oleh Google Pixel 2.

Flagship terbaru dari Samsung ini hadir dengan konfigurasi kamera belakang ganda 12MP wide dan tele, menawarkan kemampuan fotografis yang menurut DxOMark nyaris tanpa cela. Dengan nilai pengujian foto sebesar 104 poin, kamera Samsung Galaxy S9 Plus mampu menghasilkan jepretan yang sangat baik dalam semua kondisi cahaya. Samsung juga telah mencapai keseimbangan yang sangat baik antara noise reduction dan retensi detail di semua tingkat cahaya. Smartphone juga mempunyai kemampuan zoom dan bokeh yang sangat baik.

Sementara dengan 91 poin, skor video sedikit lebih rendah namun masih menjadi salah satu yang terbaik, menyumbangkan poin penting secara sekeluruhan.

Berikut ini beberapa hasil bidikan Samsung Galaxy S9 Plus, iPhone X dan Google Pixel dalam Beberapa Mode:

Bokeh Mode_1

bokeh mode_2

Zoom mode

Color

Cropping

Lalu bagaimana dengan Samsung Galaxy S9? Sama baikkah atau lebih buruk?

Benar bahwa Samsung Galaxy S9 hanya mempunyai satu sensor di belakang, 12MP dan dibantu oleh fitur OIS dan dual pixel phase-detect autofocus. Secara teknis ada banyak perubahan baik di dalam maupun di luar. Tapi jangan lupa, bahwa kamera di Galaxy S9 mampu membidik dalam dua aperture (f/1.5 dan f/2.4) yang memungkinkan Anda menjepret objek lebih detail di bawah cahaya yang minimum tapi juga mencegah overexposure. Kamera di Galaxy S9 juga mendukung fitur Super Slo-mo yang tak akan membuat Anda lebih inferior dari Sony Xperia XZ Premium. Pun jangan lupa, Galaxy S9 juga dilengkapi fitur AR Emoji, sehingga Anda juga tak akan kalah dari iPhone X yang punya fitur Animoji.

Jadi, jika pilihan Anda jatuh ke Samsung Galaxy S9, saya yakin kualitas foto yang dihasilkan tak akan jauh berbeda dengan model teratas, Galaxy S9 Plus. Akan lebih menarik jika ada review serupa yang menguji kemampuan kamera Galaxy S9 sebagai perbandingan.

Update: perbaikan di bagian akhir untuk memperjelas artikel.

Sumber berita DxOMark.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id