Terlepas dari banderol harganya yang kelewat mahal, Skydio R1 merupakan drone yang begitu mengesankan berkat kemampuannya mengudara dan bermanuver selagi mengabadikan video tanpa input secara konstan dari pengguna. Cukup tentukan apa yang hendak direkam, maka R1 bakal mengerjakan tugasnya tanpa ragu-ragu.

Sampai sejauh ini, apa yang bisa R1 rekam menggunakan kamera 4K-nya baru terbatas pada subjek manusia saja. Namun mengingat fondasi utama R1 adalah AI (artificial intelligence) dan software, Skydio selaku pengembangnya dapat dengan mudah menambahkan kemampuan-kemampuan baru lewat sebuah update.

Tanpa harus menunggu lama, Skydio pun baru saja merilis update yang menghadirkan fitur bernama Car Follow pada R1. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan R1 untuk mengikuti dan mengabadikan pergerakan kita di atas kendaraan roda empat. Tentunya semua ini R1 lakukan sembari menghindari rintangan yang menghadang di rutenya.

Skydio R1 Car Follow

Skydio bilang bahwa fitur ini ideal digunakan ketika kita sedang memacu mobil di medan off-road, bermain-main di sirkuit rally, atau sekadar menyusuri lapangan golf dengan golf cart. Satu-satunya batasan yang ada adalah jangan manfaatkan fitur ini di jalanan terbuka, melainkan hanya di lokasi-lokasi tertutup saja.

Selain Car Follow, masih ada tiga mode sinematik baru yang dijuluki Car Tripod, Quarter Follow dan Quarter Lead. Skydio pun tidak lupa mengoptimalkan sistem prediksi R1 agar kemampuannya menghindari rintangan bisa jadi lebih baik lagi. Terakhir, aplikasi pendampingnya sekarang dapat menunjukkan persis di mana drone bakal mendarat.

Sumber: Engadget dan Skydio.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.