5 November 2013

by DailySocial

Skye Mobile Money Kini Dukung Pembelian Tiket Kereta Api

Pada dasarnya, layanan online payment (pembayaran daring) dibuat untuk mempermudah konsumen dalam membeli ataupun memesan suatu barang atau jasa yang terdapat di internet. Seperti halnya dengan yang dilakukan oleh salah satu penyedia pembayaran asal Indonesia, Skye. Minggu ini Skye meresmikan kerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani pembelian tiket kereta api secara online dengan menggunakan fasilitas e-payment milik Skye. Langkah ini dimaksudkan untuk memperluas jaringan pembayaran dari Skye dan tentu mempermudah konsumen membeli tiket kereta api.

Pada hari Rabu (30/10), dalam press release yang dikirimkan ke redaksi kami, Skye secara resmi telah hadir sebagai salah satu kanal pembayaran dan pembelian tiket yang disediakan oleh PT. KAI. Dengan kata lain, kini konsumen dapat dengan mudah membeli tiket kereta api dengan menggunakan fasilitas “uang virtual” yang terdapat pada aplikasi mobile Skye Mobile Money.

Kemudahan yang ditawarkan cukup jelas, konsumen hanya cukup kunjungi situs resmi PT. KAI untuk menentukan jadwal keberangkatan serta menentukan tujuan jurusan yang diinginkan. Setelah berhasil memasukkan pemesanan pada formulir yang tertera, ketika diarahkan pada step terakhir yang berupa pembayaran, pengguna kini dapat memilih salah satu layanan pembayaran melalui Skye sebagai salah satu opsi pembayaran yang kini tertera.

Setelah memilih opsi pembayaran dengan Skye, barulah disini terlihat letak kemudahan yang ditawarkan. Setelah harga tiket tertera, secara otomatis harga tiket yang harus dibayarkan tersebut akan muncul di dalam aplikasi Skye Mobile Money yang telah di-install ke dalam perangkat untuk kemudian diproses untuk pembayaran lebih lanjut. Seperti yang saya katakan, kemudahan yang ditawarkan memang cukup jelas dan mampu mengakomodir kebutuhan membeli tiket kereta api dengan cepat dan mudah.

Kendro Hendra selaku Managing Director PT. Skye Sab Indonesia yang memayungi layanan online payment Skye, dalam rilisan resminya tersebut, mengatakan kerjasama yang dijalin antar keduanya sebagai upaya untuk lebih menambah kemudahan bagi calon penumpang PT. KAI, “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan PT. KAI untuk pembayaran tiket online. Para pengguna aplikasi Skye sangat menginginkan kemudahan membayar tiket kereta di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan smartphone-nya,” ujar Kendro.

PT. KAI merupakan merchant terbaru yang hadir di aplikasi Skye setelah 61merchant lainnya yang sebagian terdiri dari layanan pembelian pulsa, token PLN, game voucher, tv prabayar, tagihan PLN, serta berbagai merchant lainnya yang tentu disesuaikan bagi kebutuhan umum pengguna. Sebagai penyedia layanan berbayar online, Skye tentunya “wajib” untuk hadir di berbagai merchant lainnya sebagai upaya penyebaran layanannya di masyarakat luas. Mengenai hal tersebut, Kendro Hendra juga menambahkan, “Ke depannya kami akan terus menambah merchant-merchant e-commerce untuk melengkapi layanan Skye”.

Geliat Skye dalam menyebarkan layanannya di tengah-tengah pengguna di pasar Indonesia tentu terbilang bukan hal yang “setengah-setengah”. Menjalin kerjasama demi kerjasama dengan banyak pihak memang kerap dilakukan oleh perusahaan yang berdiri sejak 2008 lalu, baru-baru ini saja Skye telah menjalin kerjasama dengan lembaga Rumah Zakat yang membuahkan aplikasi untuk beramal yang disebut dengan JaMal, tentu melalui kerjasama terbarunya dengan PT. KAI ini akan menambah daftar panjang layanan yang di-cover oleh Skye dan tentu konsumen dapat memenuhi kebutuhan pembayaran menjadi lebih lengkap.

Namun, seperti yang mungkin sudah diketahui, pertumbuhan layanan online payment di Indonesia sendiri dianggap oleh banyak pihak masih dalam tahap proses pengembangan dengan langkah yang lambat namun pasti. Jika dilihat dari hal tersebut, tentunya yang diharapkan saat ini adalah pengembangan jangka panjang yang  diterapkan oleh para penyedia layanan ini – termasuk Skye – agar dapat terus konsisten mengakomodir kebutuhan pembayaran online bagi seluruh pengguna. Karena pada dasarnya –kembali lagi seperti yang saya utarakan di paragraf awal– layanan pembayaran online sejatinya dikembangkan untuk mempermudah konsumen dalam berbelanja online. Semoga saja.

Untuk memperoleh layanan terbaru tersebut, aplikasi Skye Mobile Money tersedia di dalam Google Play Store dan BlackBerry App World untuk dapat segera diunduh ke dalam perangkat smartphone. Hingga saat ini, kehadiran aplikasi tersebut di platform populer lain seperti iOS dan juga Windows Phone sayangnya masih belum tersedia.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.