Skype Hadirkan Fitur Background Blur pada Aplikasi Desktop-nya

Skype Hadirkan Fitur Background Blur pada Aplikasi Desktop-nya

Sangat berguna ketika Anda harus menyamarkan ruangan yang acak-acakan
Tampilan fitur background blur / Skype
Tampilan fitur background blur / Skype

Masih ingat dengan cerita lucu dari dua tahun silam, di mana seorang profesor yang sedang diwawancara via panggilan video tiba-tiba didatangi oleh kedua anaknya, dan semua itu tersiarkan secara live di TV? Sebagai penyedia salah satu layanan video call terpopuler, Skype telah menyiapkan solusi yang cukup menarik atas problem semacam itu.

Namanya Background Blur, dan cara kerjanya mirip seperti fitur yang ditawarkan smartphone berkamera ganda. Dengan dua klik tombol, gambar latar yang ada di sekitar subjek akan dibuat kabur (blur), sehingga lawan bicara bisa lebih berfokus pada subjek yang dihadapinya.

Yang agak berbeda, kalau di smartphone fitur semacam ini biasanya lebih ditujukan untuk aspek estetika. Skype sebenarnya menawarkan Background Blur untuk mengatasi masalah-masalah seperti yang tadi saya singgung di awal, atau mungkin sesederhana menyamarkan kondisi ruangan yang acak-acakan karena Anda belum sempat memberesinya.

Sebelum di Skype, Microsoft sebenarnya sudah menerapkan fitur serupa pada software ala Slack bikinannya, Microsoft Teams. Background Blur memanfaatkan artificial intelligence (AI) yang sudah dilatih untuk mendeteksi wujud manusia, bahkan sampai ke bagian-bagian spesifik seperti rambut, tangan dan jari-jemari.

Karena semuanya berbasis software, ada kalanya fitur ini bakal sedikit kesulitan mendeteksi subjek secara sempurna, atau mungkin ada bagian dari background yang tidak ikut dijadikan kabur. Kasusnya sama seperti di smartphone, akan tetapi yang namanya AI tentu akan semakin sempurna seiring berjalannya waktu.

Saat ini Background Blur sudah tersedia pada versi terbaru aplikasi Skype untuk perangkat desktop. Sayangnya belum ada informasi apakah Skype juga bakal menghadirkan fitur ini pada aplikasi mobile-nya.

Sumber: Skype.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…