Categories

Misc

Tambahan Bots Bikin Skype Lebih Pintar

Skype Bots versi preview resmi diluncurkan, tersedia untuk Windows, iOS, Android dan iPad

Bambang Winarso - 31 March 2016

Masih ingat dengan robot berbekal kecerdasan buatan bernama Tay yang dirilis oleh Microsoft? Kendati tak berakhir dengan manis, namun hal itu tak menjadi alasan bagi Microsoft untuk berhenti mengembangkan teknologi bot. Justru, tampaknya ini menjadi semacam momentum untuk melangkah ke tahapan berikutnya.

Dalam event tahunan Microsoft Build yang digelar di San Fransisco beberapa saat lalu, CEO Satya Nadella mengungkapkan rencana perusahaan untuk memboyong teknologi bots sebagai platform percakapan yang tidak hanya akan diintegrasikan ke Skype, tapi juga berbagai aplikasi komunikasi lainnya, sebuah saja Outlook, LINE, Slack dan lain-lain.

Kedatangan Skype Bots sendiri sudah diumumkan secara resmi oleh Microsoft dalam blog-nya. Dikatakan bahwa Skype Bots diplot untuk menjadi asisten baik untuk fitur panggilan audio ataupun video. Bots diprogram untuk meningkatkan pengalaman penggunaan Skype, menghadirkan dimensi baru dalam penggunaan Skype sehari-hari. Membantu pengguna untuk menjangkau layanan lain melalui perintah suara sederhana.

Skype Bots masih dalam tahap preview, pengembang dan pengguna sudah dapat menjumpainya dalam berbagai platform yang berbeda mulai dari Windows, Android, iPhone dan iPad dengan cara mengunduh versi terbarunya.

https://youtu.be/FyKYBei9D08

Dalam event tersebut Microsoft juga mendemonstrasikan bagaimana teknologi ini akan mengubah banyak hal dalam Skype. Di mana Skype bekerja dengan Cortana yang berperan sebagai perantara percakapan ke bots pihak ketiga, menghasilkan integrasi pintar yang memungkinkan interaksi dan tugas-tugas otomatis baik ketika memulai percakapan dan panggilan video.

Integrasi Cortana dan Skype memberikan akses ke banyak kapabilitas baru, misalnya pengguna dapat mengatur jadwal meeting dari Skype menggunakan Cortana, Cortana juga dapat membuatkan subyek, menampilkan informasi kartu, tautan dan mengirimkan pesan private ketika sedang berada dalam percakapan.

Cortana juga dapat berbicara dengan robot pihak ketiga di dalam perangkat desktop, sebaik versi mobile Windows Phone.

Terakhir, Microsoft juga memperkenalkan Video Bots, robot pintar yang membawa pengalaman baru dalam melakukan panggilan video. Sejumlah pengayaan dapat dijumpai, namun tampaknya kita butuh waktu untuk beradaptasi dengan teknologi robot ini.

Sumber berita Skype, SlashGear dan gambar header Facebook.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter