1. Startup

Skype + Facebook = Freedom!

Untuk para Expat seperti saya ini, atau siapa sajalah yang sedang 'merantau' jauh dari rumah, kebebasan untuk berkomunikasi dengan sanak-keluarga dan handai-taulan yang ada di rumah tanpa harus dibebani ongkos yang selangit adalah suatu berkat yang tidak terhingga.  Oleh karena itulah, aplikasi VOIP (Voice Over IP) banyak dipakai orang, karena kemampuannya untuk melakukan komunikasi suara (dan video) lewat internet.  Aplikasi VOIP ini macamnya banyak sekali, tapi jagonya adalah Skype.

Di dalam beberapa minggu lagi, menurut apa yang dituliskan Kara Swisher dari All Things Digital, Skype akan merilis versi baru (versi 5.0).  Tapi versi ini adalah versi yang spesial, karena katanya akan mengintegrasikan Facebook secara mendalam.  Kara menuliskan bahwa kerjasama antara Facebook dan Skype ini akan menghasilkan integrasi di area SMS, Voice Chat dan Facebook Connect.

Apa artinya? Artinya dengan Skype versi baru ini, anda bisa langsung berkomunikasi dengan Facebook Friend anda lewat Skype dengan menggunakan SMS, Audio dan Video!  Coba kita renungkan sebentar apa dampaknya ini :)

Untuk Skype, sudah jelas ini berarti bahwa aplikasi mereka akan mendominasi bukan saja PC dan Mac tapi juga semua platform yang bisa menjalankan Skype, termasuk mobile (iPhone, Symbian, Android, dll).  Luar biasa!

Untuk Facebook, yang jelas kerjasama ini bukan saja membantu meluaskan fitur yang disediakan Facebook (tanpa R&D overhead dari Facebook sendiri), tapi juga membantu Facebook untuk medapatkan pengguna baru (yang biasa pakai Skype tapi tidak punya akun Facebook).

Untuk saya, ini berarti .... Adios Facebook Chat!!! :)  Sekarang bukan saja kita bisa chatting dengan teman Facebook kita seperti biasanya kita chatting di IM, tapi kita juga bisa langsung nelpon pakai suara atau video! Kalau kata Braveheart ... Freeeedoommm!

Bagaimana menurut anda? Suka? Tidak Suka? Silahkan tulis di komentar.

Sementara itu anda bisa lihat sendiri sneak-peak screenshot dari Skype versi baru ini sebagai berikut:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again