Categories

Mobile

Skype Translator, Fitur Baru Yang Mudahkan Percakapan Dua Orang Berbeda Bahasa

Bambang Winarso - 16 December 2014

Skype mempunyai pengguna lebih dari 300 juta di seluruh dunia yang tentunya menggunakan bahasanya masing-masing dalam berkomunikasi. Beberapa barangkali menguasai dua hingga tiga bahasa, namun diyakini lebih banyak yang hanya menguasai satu bahasa.

Tapi tembok pemisah itu segera dirobohkan menyusul peluncuran program preview baru bernama Skype Translator yang merupakan cikal bakal fitur andalan Skype nantinya.

Dengan Skype Translator pengguna berbeda bahasa dapat berkomunikasi tanpa harus memahami atau mempelajari bahasa lawan bicaranya. Sebab Skype akan mengejakan ulang apa yang diucapkan oleh lawan bicara ke dalam bahasa yang dipahami oleh pengguna. Tidak hanya suara tapi juga dalam bentuk teks sehingga bila ada yang terlewatkan dapat dibaca kembali lewat panel chat yang disediakan.

Saat ini Skype Translator masih dalam tahap preview dimana baru dua bahasa yang didukung yakni Inggris dan Spanyol. Rencananya setelah fase preview berhasil dilalui dengan baik Skype akan menambahkan lebih dari 40 bahasa lainnya.

Fungsi baru yang terbilang mutakhir ini merupakan hasil dari riset yang dilakukan oleh Microsoft. Selama hampir 10 tahun Microsoft menginvestasikan dana, tenaga dan pikiran untuk mengembangkan teknologi pengenal suara, penerjemah otomatis dan teknologi mesin pintar yang mampu belajar.

 

Info Menarik: Tak Mau Yang Biasa? Ini Dia Smartphone Mewah Buatan Lamborghini

 

Teknologi yang tertanam dalam Skype Translator mampu mempelajari pola, kebiasan dan apa yang dilakukan oleh pengguna. Jadi semakin sering digunakan, maka fitur ini akan makin pintar.

Microsoft telah melibatkan sebuah sekolah di Mexico bernama Peterson School dan Stafford Elementary School di Tacoma, Amerika Serikat untuk mencoba teknologi ini.

Dalam uji coba tersebut para siwa memainkan permainan Mystery Skype dimana siswa dipersilahkan untuk bertanya satu sama lain dengan bahasa masing-masing. Peterson School menggunakan bahasa Spanyol dan Stafford Elementary School menggunakan bahasa Inggris.

Dalam video ini Anda dapat melihat bagaimana kedua siswa dapat bercakap-cakap walaupun keduanya tidak pernah mempelajari bahasa lawan bicaranya.

Menarik pastinya menjadi bagian dari teknologi inovatif ini. Jika Anda berminat, Microsoft membuka kesempatan untuk bergabung. Caranya daftarkan diri di tautan ini tapi sebelumnya pastikan perangkat Anda sudah menggunakan Windows 8.1.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header: Skype via Shutterstock. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter