14 December 2016

by Glenn Kaonang

Slack Kini Dibekali Fitur Panggilan Video

Tersedia untuk semua pengguna, tapi group video call hanya untuk tim yang membayar tarif berlangganan

Bulan Juni kemarin, Slack secara resmi menghadirkan fitur panggilan suara untuk semua pengguna. Maka dari itu, wajar apabila panggilan video menjadi incaran selanjutnya, sehingga pada akhirnya pengguna Slack pun benar-benar tidak perlu mengandalkan aplikasi atau layanan lain untuk berkomunikasi dengan rekan kerjanya secara lebih efektif.

Hari ini, Slack pun meresmikan fitur panggilan video. Fitur ini bisa diakses langsung lewat browser, atau viaย versi terbaru aplikasi Slack di Windows maupun Mac. Aplikasi Android dan iOS-nya belum kebagian jatah; pengguna tetap bisa bergabung dalam percakapan video, hanya saja mereka cuma bisa menerima dan mengirimkan audio.

Untuk memulai panggilan video, caranya sama persis seperti fitur panggilan suara, yakni dengan mengklik icon bergambar telepon di bagian atas. Setelahnya, tinggal klik icon kamera di tengah untuk memulai percakapan video. Tidak perlu lagi membagikan link seperti ketika menggunakan Skype atau Google Hangouts.

Semua pengguna dapat menikmati fitur panggilan video satu lawan satu. Namun bagi tim yang membayar tarif berlangganan, mereka bisa menikmati panggilan video berkelompok hingga total 15 orang.

Fitur respon emoji turut tersedia dalam percakapan video Slack, berguna saat hendak menyampaikan pertanyaan maupun persetujuan terhadap yang sedang dibicarakan. Saat diaktifkan, emoji akan ditampilkan di atas video Anda dan akan terdengar suara notifikasi.

Sumber: Slack Blog.