Categories

Gadget

SmartChutes Adalah Sistem Parasut Otomatis untuk Drone Anda

Glenn Kaonang - 28 May 2015

Ratusan hingga ribuan dolar Anda habiskan untuk menggaet sebuah drone canggih yang siap mendongkrak reputasi Anda di kalangan aerial videographer profesional. Sudah sewajarnya Anda begitu berhati-hati saat menerbangkan drone tersebut.

Begitu berhati-hatinya, Anda memasangkan sistem parasut ke drone kesayangan. Idenya adalah, di saat-saat darurat, seperti misalnya ketika drone kehabisan daya selagi sedang terbang tinggi di udara, Anda bisa menekan sebuah tombol dan parasut pun akan terbuka.

Namun yang menjadi masalah biasanya adalah respon dari sang pemilik drone sendiri. Kalau kita terlambat menekan tombol sedikit saja, drone malang tersebut akan segera mencium tanah dengan cukup brutal.

Di sinilah sebuah produk bernama SmartChutes ingin menawarkan solusi. Lewat Kickstarter, SmartChutes ingin memastikan drone Anda terjauh dari maut di saat ia gagal terbang.

Info menarik: Ditenagai 6 Rotor, Drone Ini Tidak Memerlukan Image Stabilizer

SmartChutes terdiri dari dua bagian: sensor pendeteksi yang Anda pasangkan di bagian bawah drone dan tabung berisi parasut di atasnya. Ia kompatibel dengan berbagai quadcopter, termasuk halnya DJI Phantom 3 yang baru dirilis awal April kemarin.

Ketika sudah terpasang dan drone Anda terbangkan, sensornya akan terus memonitor apakah sang drone sedang menjalankan tugasnya atau terjun bebas tidak terkontrol. Sensor ini bisa mendeteksi terjadinya kondisi darurat dalam waktu tidak sampai setengah detik, kemudian sebuah parasut berukuran 36 inci akan terbuka secara otomatis – parasut yang terbuka bisa dirapikan untuk dipakai kembali.

Dengan demikian, tidak ada istilah human error buat SmartChutes. Ia juga mengemas unit baterainya sendiri sehingga tetap bisa berfungsi ketika drone kehabisan baterai; hal ini penting karena tugas utamanya adalah mendaratkan drone yang 'tewas' dengan selama, tanpa campur tangan dari pengguna.

Kampanye SmartChutes di Kickstarter akan segera berakhir dalam jangka waktu 24 jam ke depan. Kalau drone Anda sering mengalami sindrom gagal terbang, Anda bisa memesan SmartChutes seharga $130.

Via: Kickstarter.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter