11 January 2021

by Dimas Galih W.

Smartfren Berikan Kuota Unlimited Internet di Malam Hari pada Semua Paket

Yang punya kuota malam akan tetap terpakai sampai habis

Kebiasaan penggunaan internet mobile di Indonesia ternyata tidak hanya pada siang hari saja. Bagi sebagian pengguna Smartfren, ternyata malam hari merupakan saat di mana mereka memakai koneksi internet tersebut secara penuh. Bagi sebagian pengguna, memakai internet pada malam hari dianggap lebih nyaman dan lebih cepat karena kebanyakan pengguna lainnya sudah tidur. Peluang ini lah yang ternyata tertangkap oleh Smarfren.

Oleh karena itu, saat ini Smartfren menambahkan benefit bagi para pengguna internet di malam hari. Smartfren ternyata memberikan kuota tanpa batas dengan kecepatan penuh saat digunakan pada malam hari, yaitu pada jam 1:00 hingga 4:59 WIB. Kuota tanpa batas yang dimaksud juga tidak memiliki FUP (Fair Usage Policy).

Smartfren mencatat bahwa pada jam tersebut, sekitar 18 persen penggunanya memakai koneksi internet. Dan Smartfren merasa perlu merespon para penggunanya tersebut agar dapat menggunakan internet dengan lebih nyaman. Nantinya kuota internet yang ada tidak akan terpotong saat memasukin rentang waktu yang sudah ditentukan tersebut.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Sebagai pelopor paket Internet Unlimited di Indonesia, Smartfren di tahun yang baru ini berkomitmen memberikan paket Unlimited yang makin Unlimited dan Kuota Nonstop yang makin top. Kini semua pelanggan kedua paket tersebut mendapatkan Extra Unlimited Malam full speed tanpa mengurangi benefit yang sudah ada. Semoga benefit baru ini membantu mereka yang sedang berjuang membuka peluang, hingga malam-malam berkarya, bekerja, belajar dan melakukan berbagai kegiatan digital yang bermanfaat. Misalnya latihan game esports, streaming film, download atau browsing ide bisnis baru.”

Lalu paket mana saja yang akan mendapatkannya? Ternyata semua paket yang dimiliki oleh Smartfren akan mendapatkan bonus kuota malam tanpa batas ini. Bagi para pengguna paket Smartfren Unlimited, FUP hariannya hanya akan berlaku pada jam 5:00 hingga 23:59. Selain itu, bagi paket yang memiliki kuota malam, bonus kuota tanpa batas ini akan berlaku setelah kuota malam tersebut habis.

Benefitnya sejak kapan?

Terus terang, bagi para pengguna mobile internet, pemberian kuota tanpa batas selalu diterima dengan baik. Saya pun langsung mengecek apakah bonus kuota tanpa batas di malam hari tersebut langsung ada atau tidak. Ternyata, pada aplikasi My Smartfren, saya tidak menemukan benefit tersebut. Hal tersebut pun langsung saya tanyakan pada sesi tanya jawab.

Ternyata, benefit kuota tanpa batas ini akan berlaku bagi mereka yang membeli paket data pada tanggal 1 Januari 2021. Jika membeli paket data pada tahun lalu, tentu saja tidak mendapatkan benefit tersebut. Sayang memang, saya membeli paket data pada tanggal 30 Desember 2020 yang lalu. Kalau saja saya membelinya dua hari kemudian 😫.

Jadi jika Anda membeli paket data sebelum tahun 2021, maka harus membeli paket data sekali lagi pada tahun 2021. Pak Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren mengatakan bahwa paket yang mereka tawarkan untuk mendapatkan kuota malam tanpa batas ini mulai dari Rp. 20.000. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Dengan adanya kuota tanpa batas, apakah kuota malam akan ditiadakan?

Sebenarnya dengan meluncurkan kuota malam tanpa batas bagi semua paket data, sudah pasti kuota malam yang ada terasa mubazir. Apalah artinya memiliki kuota yang bisa dihitung sementara setelah habis, kecepatan internet malam masih akan berjalan dengan kecepatan penuh. Apakah Smartfren akan menghilangkan semua kuota malam yang ada?

Pak Sukaca mengatakan bahwa saat ini Smartfren tidak memiliki rencana untuk menghilangkan kuota malam yang ada saat ini. Smartfren sekali lagi menyerahkan kepada para konsumennya karena hal tersebut tergantung dari kebutuhannya. Jika ternyata menginginkan internet pada malam hari tanpa batas, maka bisa menggunakan paket Unlimited dan Non Stop. Namun jika kebutuhannya tidak banyak, bisa menggunakan paket lain yang masih memiliki kuota.

Pak Djoko menambahkan bahwa ada beberapa paket yang memiliki kuota malam sudah mereka hentikan. Salah satunya adalah paket Smartfren Gokil yang saat ini sudah mereka hentikan. Walaupun masih banyak permintaannya, namun Smartfren mengganti paket tersebut dengan kuota malam unlimited. Jadi, kuota tanpa batas tersebut cukup menyempurnakan paket yang ada saat ini.