Categories

Gadget

Smartfren Gandeng Lenovo, Luncurkan Paket Bundling A6010 4G LTE Advanced

Program bundling dimaksudkan buat mendongkrak jumlah pelanggan 4G LTE Smartfren, ditargetkan pada konsumen yang sensitif terhadap brand.

Yoga Wisesa - 14 January 2016

Lenovo meninggalkan prestasi membanggakan di tahun lalu. Berdasarkan data IDC, brand Tiongkok itu menjadi produsen smartphone 4G dengan penjualan tertinggi di Indonesia selama periode triwulan satu sampai tiga 2015. Di antara beragam model, keluarga A6000 ialah andalan mereka. Mungkin karena alasan ini, satu operator lokal tertarik menggandeng Lenovo dan memulai program menarik.

Pada tanggal 13 Januari 2016, Smartfren mengumumkan kerjasama dengan Lenovo Indonesia buat meluncurkan bundling smartphone A6010 bersama layanan 4G LTE Advanced. Dari penjelasan Smartfren, langkah ini merupakan sebuah upaya memperluas jaringan 4G mereka yang dikabarkan sudah menjangkau 85 kota di nusantara.

Presiden direktur Merza Fachys menuturkan visi di belakang strategi itu: lewat makin banyaknya jumlah device pendukung 4G LTE, proses adopsi standard konektivitas mobile tersebut jadi bertambah cepat. Bermitra bersama Lenovo juga memberikan keunggulan, karena artinya Smartfren lagi-lagi menggaet brand global, setelah kolaborasi dengan Samsung di tahun lalu.

Tentu saja program kerjasama itu akan memicu pertanyaan terkait lini produk handset Smartfren sendiri: bagaimana nasib Andromax? Apakah ia masih jadi brand andalan sang operator? Head of smartphone Smartfren, Sukoco Purwokardjono bilang bahwa A6010 4G LTE Advanced ditujukan bagi segmen pasar berbeda. Andromax disiapkan untuk konsumen pemula yang ingin beralih dari feature phone ke smartphone.

Jadi untuk segmen seperti apa bundel A6010? Sukoco menjelaskan pada saya, banyak di antara konsumen yang cukup fanatik terhadap suatu produk. Kadang bagi mereka, merek tidak kalah penting dari kapabilitas device. Dan di nusantara, fans Lenovo terhitung sangat banyak. Program bundling dimaksudkan buat mendongkrak jumlah pelanggan 4G LTE Smartfren, terutama ditargetkan pada konsumen yang sensitif terhadap brand.

Dengan merangkul Lenovo, Smartfren tak perlu bersusah payah berusaha meningkatkan brand awareness. Nama Lenovo melambangkan reputasi. Smartfren merasa yakin bundel tersebut tidak akan menyakiti penjualan Andromax, mengingat harga A6010 berada di atas produk handset milik perusahaan pionir network CDMA EVDO Rev. B di tanah air itu, meskipun smartphone tetap masuk dalam kategori entry-level.

Ciri khas dari keluarga Lenovo A6000 adalah mereka mempunyai layar lima-inci, dirancang buat fungsi hiburan multimedia, dan ditawarkan di harga ekonomis. Untuk device sekelasnya, A6010 menyuguhkan beragam fitur. Banyak orang menyukai penampilan simpel smartphone ini. Display IPS 720x1280-pixel dibingkai frame hitam dengan pinggiran glossy. Di belakang, tekstur pada back cover memastikan handset tidak mudah tergelincir dari tangan kita.

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan rangkaian hardware di dalam Lenovo A6010. Ia mengusung system-on-chip Qualcomm Snapdragon 410. Terdapat prosesor 64-bit quad-core Cortex-A53 1,2GHz dan GPU Adreno 306. Sistem ditopang RAM sebesar 2GB dan flash memory 16GB (bisa diperluas via microSD sampai 32GB). Device turut dibekali kamera utama 13-Mp dan kamera depan 5-Mp.  A6010 mendukung jaringan 4G LTE Cat. 4 150/50 Mbps, 3G HSDPA, dan 2G GSM; beroperasi di band 5 850.

Di acara pers tersebut, seorang jurnalis bertanya, apakah dengan adanya program bundel Smartfren 4G LTE Advanced maka unit A6010 dikunci dan tidak bisa kompatibel ke operator lain? Ternyata tidak. Pendekatannya hampir sama seperti kolaborasi Bolt dan Samsung, di mana kartu SIM sudah disertakan bersama paket pembelian, dan Anda dapat langsung menikmati gesitnya 4G begitu mengeluarkan produk dari packaging.

"Merupakan sebuah kehormatan bagi Lenovo dapat bermitra bersama Smartfren," ungkap country lead for smartphone Lenovo Indonesia Adrie R. Suhandi secara tertulis, "Kombininasi koneksi 4G LTE Advanced yang super-cepat dan stabil dari Smartfren dan Lenovo A6010, smartphone 4G berspesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau, bisa membantu mempercepat penetrasi jaringan 4G berkualitas di tanah air."

Dengan membeli paket bundling, Anda memperoleh sebuah kartu perdana Smartfren 4G LTE Advanced plus bonus data 2GB selama lima hari setelah melakukan aktivasi. Pelanggan juga disuguhkan bonus top up sebesar 500MB lagi buat setiap isi ulang minimal Rp 20 ribu (maksimal 12 kali dalam jangka waktu 12 bulan).

Jika Anda berminat, Lenovo A6010 tersedia di jaringan penjualan produk Lenovo, Sentra Ponsel, dan Smartfren Gallery. Device dibanderol seharga Rp 2 juta.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter