Categories

Gadget

Smartfren Jadi Operator 4G LTE Dengan Cakupan Terluas di Indonesia

Yoga Wisesa - 5 October 2015

Kira-kira baru setahun Smartfren mulai beralih ke penyediaan 4G LTE, dan melalui pengumuman LTE Advanced di bulan Agustus kemarin, Smartfren memulai babak baru di sana. Teknologi itu memungkinkan digabungkannya dua spektrum atau lebih, sembari menopang FDD dan TDD bersama-sama. Ternyata hasil kerja keras Smartfren datang lebih cepat dari yang kita duga.

Ada kejutan gembira berdasarkan laporan triwulan ketiga dari tim spesialis pemetaan cakupan wireless Open Signal: Smartfren tercatat sebagai operator telekomunikasi dengan ruang lingkup terluas di Indonesia, meliputi 22 kota besar. Di bawa ke level dunia, posisi Smartfren juga tetap memuaskan, yaitu urutan 32. Peringkat ini menunjukan bahwa sang perusahaan yang dahulu kita kenal mempionirkan CDMA EVDO Rev. B di nusantara itu enam kali lebih unggul dibanding kompetitor.

Laporan dari Open Signal menunjukkan, Smartfren merangkul sekitar 78 persen area. Meski Smartfren merasa sangat bangga, mereka tidak mau berpuas diri. Masih banyak tuntutan yang harus dipenuhi. Menurut Direktur Roberto Saputra, Smartfren berencana buat menambah jangkauan wilayah lagi - karena faktanya, penetrasi 4G LTE di Indonesia baru mencapai 43 persen. Kemudian selain memastikan pelanggan bisa menikmati akses data di mana saja dan kapan saja, kestabilan network turut menjadi perhatian utama mereka.

Info menarik: Smartfren Resmikan Layanan 4G LTE-Advanced Pertama di Indonesia, Apa Itu?

'PR' lainnya adalah soal laju data. Seorang jurnalis dengan gamblang menanyakan apa komentar Smartfren terkait kecepatan yang terbilang rendah jika dikomparasi rivalnya. Mereka menjelaskan inilah konsekuensi dari lebarnya radius, dan berjanji untuk terus memperbaikinya. Dalam LTE Advanced, Smartfren menggunakan pita frekuensi 2.300MHz dan 850MHz, mampu menyajikan kecepatan tinggi serta penetrasi wilayah lebih luas.

Smartfren menyadari mereka memiliki satu keunggulan dari kompetitor: lini produk mobile Wi-Fi serta handset Andromax. Dalam melangkah ke ranah 4G LTE, Smartfren memegang setia 'prinsip entry-level ala CDMA'. Berdasarkan penjabaran mereka, untuk sekarang 4G masih dianggap layanan khusus kalangan ekonomi tinggi karena device yang kompatibel rata-rata dibanderol di harga tinggi. Itulah mengapa Smartfren mentargetkan kisaran mid-range ke bawah: antara Rp 1 sampai 1,6 juta.

Demi mendukung falsafah tersebut Smartfren menyediakan program Limitless. Ia dideskripsikan sebagai paket 4G LTE yang memastikan Anda selalu terkoneksi walaupun kuota sudah habis, menjanjikan 'internet-an tanpa rasa khawatir'. Namun limitless bukan berarti unlimited. Setelah porsi habis, kecepatan akan berkurang. Untungnya, Anda tetap dapat browsing, chatting via instant messenger atau membuka aplikasi sosial media.

Namun semua fitur dan penawaran menarik tersebut akan sia-sia jika para konsumen (dan calon konsumen) tidak memahaminya. Buat memasyarakatkan layanan mereka, Smartfren menggelar Employee Blitz. Program ini melibatkan 3.000 karyawan di 22 kota untuk turun ke jalan dan membagi-bagikan satu juta lembar brosur. Tujuannya ialah mempertemukan secara langsung staf Smartfren dengan pelanggan.

Info menarik: Smartfren Hadirkan Satu Lagi MiFi 4G LTE, Andromax M2S

Selama satu hari, Smartfren menugaskan para staf dari berbagai divisi untuk berperan menjadi duta penjualan. Pendekatan tersebut merupakan salah satu contoh sosialisasi serta edukasi mengenai manfaat 4G LTE di Indonesia, dilangsungkan di titik-titik keramaian semisal pusat penjualan barang elektronik, pasar tradisional hingga terminal. Smartfren berharap LTE Advanced akan mendongkrak kualitas hidup khalayak lewat topangan ekonomi kreatif.

4G LTE memang cocok untuk streaming konten video, dan dalam konferensi pers kecil di penghujung event media tour minggu lalu, Smartfren mencontohkan bagaimana sambungan ini dapat dimanfaatkan buat belajar dan mencari ilmu baru lewat YouTube 'tanpa buffering'. Di sana, representasi dari Qualcomm serta Hisense turut memberikan sambutan serta penuturan tentang kolaborasi bersama Smartfren. Dan kabarnya, ada satu brand global lagi yang akan mereka gaet...

Informasi lebih detail tentang Smartfren 4G LTE Advanced, produk Mi-Fi dan smartphone, serta area coverage bisa Anda lihat di website resmi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter