20 August 2015

by Yoga Wisesa

Smartfren Resmikan Layanan 4G LTE-Advanced Pertama di Indonesia, Apa Itu?

Masuknya Smartfren ke ranah layanan 4G LTE memang belum begitu lama. Langkah mereka sedikit di belakang sejumlah kompetitor besar. Namun demi menyambut standard jaringan mobile modern tersebut, beberapa hal telah mereka siapkan, satu contohnya ialah jajaran handset Andromax anyar. Dan sebuah teknologi baru dikenalkan sebagai senjata pamungkas Smartfren.

Memanfaatkan momentum peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 70, tanggal 19 Agustus 2015 kemarin juga tampaknya merupakan saat bersejarah bagi Smartfren. Secara perdana mereka menghadirkan jaringan 4G LTE-Advanced di Indonesia, atau istilah lainnya, 4.5G LTE. Premisnya terdengar cukup umum: akses mobile data berkecepatan tinggi, luas, serta handal. Tapi ada aspek menarik dalam 4G LTE-Advanced ini.

Dari penjelasan Smartfren, 4G LTE-Advanced ialah salah satu pengembangan utama 4G dengan menggabungkan dua spektrum atau lebih. Advanced mendukung dua mode, yaitu frequency-division duplexing (FDD) dan time-division duplexing (TDD), beroperasi di frekuensi 800MHz dan 2.300MHz. Inilah carrier aggregation - fitur HSPA+ penting, menyuguhkan arus data lebih cepat dengan kapasitas lebih besar.

Info menarik: [Review] Smartfren Andromax R

4G LTE Advanced dari Smartfren adalah program lanjutan uji coba jaringan 4G dan perilisan handset Andromax serta mobile Wi-Fi yang dilepas bulan Juni kemarin. Untuk penyediaan infrastruktur, Smartfren menunjuk ZTE dan Nokia. Berdasarkan tanya jawab singkat, ternyata jenis teknologi pendukung sebetulnya cukup serupa. Hanya fokus wilayahnya saja yang sedikit berbeda. Nokia bertanggung jawab menangani Indonesia bagian barat (pulau Sumatra dan Jawa), sedangkan ZTE menitikberatkan area timur.

Smartfren menerangkan, teknologi 4G LTE-Advanced akan memudahkan konsumen dalam menikmati konten multimedia, contohnya streaming, game online, menyimpan dokumen di cloud dan konferensi video. Untuk jangka panjangnya, tim berharap penerapan 4G LTE-Advanced dapat mendongrak pertumbuhan sektor industri teknologi informasi dan komunikasi. Smartfren percaya bahwa TIK adalah tulang punggung ekonomi Indonesia.

Di sisi praktisnya, seberapa besarkah 'quantum leap' - seperti yang disebut Niko Stegganus Sutikno dari Nokia - antara 4G LTE dan LTE-Advanced? Bayangkan koneksi nirkabel Anda sebagai pipa. Buat mengencangkan arus, ukuran tidak bisa diperlebar, tapi kita dapat menambahkan jumlah pipa. Itulah analogi 4G LTE-Advanced. Teorinya, laju berpotensi meningkat berkali-kali lipat. Namun prakteknya tidak seperti itu.

Info menarik: Rilis SiPINTER, Smartfren Ringankan Tugas Para Babinsa

Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim membuat sebuah perbandingan kasar, jika 4G LTE biasa menyentuh '80', maka LTE-Advanced membawa Anda ke '100'. 850MHz dan 2.300MHz menyimpan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 2.300MHz memberikan kita kecepatan tinggi dan stabil, sayang jangkauannya lemah. Sebaliknya, penetrasi wilayah untuk frekuensi 850MHz lebih luas. Carrier aggregation menyatukan keduanya.

Dalam tes di booth 4G Experience Zone, lompatan laju network 4G LTE-Advanced belum terlalu terlihat. Speeddownload berada di kisaran 13Mbps dan updload di 6Mbps. Tapi saya rasa lokasi juga mempengaruhi kinerjanya, dan Ballroom Hotel Hyatt memang kurang kondusif. Setidaknya uji coba Leap Motion dipadu Google Earth berjalan mulus. Kemudian, robot-robot di arena demo Nokia mampu menerima perintah secara real-time (via app maupun voice command), walaupun koneksinya melalui jaringan mobile.

Melengkapi 4G LTE-Advanced, Smartfren turut mengumumkan Smartplan Limitless, sebuah paket layanan mobile broadband 'bebas rasa khawatir'. Dengannya, kita tetap terhubung ke internet meskipun kuota sudah habis, serta tidak dipungut biaya tambahan. Lalu untuk strategi promosi, Anda berhak mendapatkan bonus kuota dua kali lipat pada semua paket Smartplan Limitless lewat pembelian di atas Rp 50 ribu per bulan, berlaku sampai tanggal 31 Oktober 2015 nanti.

Misalnya begini, Rp 60 ribu menyajikan pelanggan paket data dua kali 2GB, gratis menelpon 10 menit ke semua operator, 1000 menit ke sesama pengguna, dan 100 SMS cuma-cuma ke nomor lokal. Untuk mulai menggunakan, tinggal kirim pesan singkat bertuliskan LTE ke 6046. Rincian harga, paket, serta fitur bisa Anda baca lengkap di Smartfren.com.