Categories

Gadget

Smartisan T2 Punya Desain Serba Logam yang Lebih Mulus Ketimbang iPhone

Merupakan hasil kerja keras tim desain Smartisan selama 588 hari

Glenn Kaonang - 30 December 2015

Melihat perkembangan yang ada selama tahun 2015 ini, pabrikan smartphone asal Tiongkok sekarang sudah boleh disejajarkan dengan Apple, Samsung dan lain sebagainya. Bukan cuma spesifikasi dan harga murah saja yang menjadi senjata andalan brand seperti Xiaomi dan OnePlus belakangan ini, tetapi juga desain premium yang mengundang decak kagum.

Namun kenyataannya tidak cuma Xiaomi dan OnePlus saja yang mengamini pergeseran tren tersebut. Smartisan yang sejauh ini baru punya dua handset – T1 dan U1 – juga ingin membuktikan bahwa dirinya bisa menciptakan smartphone dengan desain yang begitu menawan. Itulah misi yang mereka tuju lewat smartphone ketiganya, Smartisan T2.

T2 punya elemen desain yang sangat menarik. Rangkanya secara menyeluruh terbuat dari aluminium, dan permukaan di seluruh sisinya tampak begitu mulus – bahkan lebih mulus daripada iPhone 6S yang masih punya garis-garis yang berfungsi sebagai antena. Menurut Smartisan, pencapaian ini merupakan hasil kerja kerasnya selama 588 hari.

Smartisan T2

Dari segi spesifikasi, T2 mungkin bukan yang terbaik, tapi tetap tak bisa dibilang payah. Dimulai dari LCD 5 inci 1080p, chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan proses hexa-core, RAM 3 GB, memori internal 16 GB atau 32 GB – sayang tak ada slot microSD – dan ditutup oleh baterai berdaya 2.670 mAh. Konektivitasnya pun lengkap, mencakup Bluetooth 4.1, NFC maupun LTE.

Beralih ke sektor kamera, T2 mengandalkan sensor 13 megapixel dan lensa f/2.0 sebagai kamera utamanya. Teknologi OIS (Optical Image Stabilization) turut hadir, lengkap dengan opsi perekaman video 4K 30 fps. Di depan, kamera 5 megapixel siap memenuhi hasrat selfie pengguna.

Smartisan T2

Desainnya menawan, spesifikasinya cukup mumpuni, software yang dijalankannya pun juga tak kalah menarik. T2 ditenagai Smartisan OS 2.5, yang merupakan versi modifikasi dari Android 5.1. Selain perubahan tampilan yang cukup drastis – jadi sangat minimalis seperti fisik sang handset itu sendiri – OS ini juga menawarkan opsi kustomisasi yang melimpah.

Contoh yang paling gampang adalah kustomisasi tombol fisik. Anda bisa mengganti tombol di sisi kiri atau kanan untuk mengatur tingkat kecerahan layar maupun volume. Tombol di bawah layarnya sendiri berbentuk memanjang, yang sejatinya terdiri dari tiga tombol berbeda yang bisa Anda atur masing-masing fungsinya.

Di Tiongkok, Smartisan T2 dipasarkan seharga 2.499 yuan (± Rp 5,3 juta) untuk versi 16 GB dan 2.599 yuan (Rp 5,5 juta) untuk versi 32 GB. Tidak ada keterangan apakah smartphone ini bakal dipasarkan di kawasan lain, tapi sebelumnya Smartisan sudah mengungkapkan ketertarikannya terkait ekspansi internasional.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id