12 February 2015

by Bambang Winarso

Smartphone 4G "OPPO 3000" Hadir Ramaikan Persaingan Kelas Menengah

Beberapa bulan terakhir OPPO tampak disibukkan dengan peluncuran beberapa perangkat. Terakhir kali OPPO melepas Mirror 3, sebelumnya R1C dan di akhir tahun mereka juga melepas OPPO R5 dan N3. Geliat OPPO belum berhenti, baru-baru ini mereka diam-diam meluncurkan OPPO 3000 yang dipasarkan di kandang sendiri.

Tak seperti OPPO R5 atau N3 yang merupakan dua perangkat unggulan OPPO. di OPPO 3000 tidak ada body super tipis ala R5 atau kamera putar inovatif ala N3, lalu apa yang dibawa oleh OPPO 3000?

 

Info Menarik:Sony Xperia E4 Menampakkan Wujud, Andalkan Bezel Tipis dan Layar 5 Inci

 

Di OPPO 3000 terdapat beberapa keunggulan yang ditonjolkan oleh OPPO. Pertama, OPPO 3000 mendapat suntikan performa dari chipset SoC Qualcomm Snapdragon 410 berbasis 64-bit. Komponen ini disebut-sebut punya performa yang sangat baik di kelasnya. Kemampuan clock 1,2GHz dengan empat inti CPU dipadukan dengan pengolah grafis Adreno 306.

Kemampuan multi tasking OPPO 3000 pun bukan kacangan, sebab ada RAM 1GB untuk mendukung performa operasional beberapa aplikasi sekaligus.

Pengguna ditawarkan kenyamanan yang cukup baik walaupun agak mengecewakan, karena saya berharap akan ada memori internal minimal 16GB di perangkat ini. Tetapi OPPO ternyata hanya menyematkan memori 8GB, beruntung adal tambahan slot memori eksternal.

Kita geser sedikit ke sisi luar perangkat, terdapat layar dengan bentang lebar 4,7 inci yang di dalamnya tertanam resolusi 720p, di bagian atas ada kamera depan 5MP wide angle, lalu bila diputar di bagian belakang ada kamera utama 8MP dengan lensa Sony IMX179.

 

Info Menarik:5 Aplikasi Penghemat Baterai Android yang Bikin Perangkat Hidup Lebih Lama

 

Walaupun tidak dibekali body langsing dan kamera putar, berkat adanya sensor Sony, f/2.0 aperture dan lima elemen lensa, smartphone OPPO 3000 tetap mampu menghasilkan jepretan foto yang sangat baik.

Sekarang kita lompat ke bagian piranti lunak, dimana terdapat sistem operasi Android KitKat yang dipoles oleh Color OS 2.0.1. Dan yang tidak boleh terlewat adalah dukungan 4G LTE serta sejumlah fitur konektivitas standar smartphone.

Peluncuran perdana OPPO 3000 saat ini baru di Tiongkok dengan banderol CNY 1,599 atau setara dengan $256. Melihat kedatangannya yang tak seheboh OPPO R5 atau N3, saya pesimis OPPO 3000 akan dilepas ke Indonesia. Tapi berharap tentu tak ada salahnya, kita tunggu saja.

Sumber berita Gizmochina dan OPPO.