27 July 2016

by Bambang Winarso

Smartphone Android Anda Bermasalah? Google Sudah Siapkan Solusinya

Google meluncurkan situs tips dan trik yang ditujukan untuk membantu pengguna mengatasi permasalahan perangkatnya

Sebagaimana perangkat lainnya, smartphone ataupun tablet Android tak selalu bekerja 100% seperti yang Anda harapkan. Sesekali, ia akan “berulah” seiring dengan usia pakainya. Selama cara pakai Anda tidak neko-neko, masalah yang Anda jumpai biasanya seputar masalah overheat, baterai, kamera, layar sentuh dan cara pakai aplikasi.

Selain faktor perangkat, pemahaman pengguna terkait seluk-beluk Android juga berpengaruh besar. Sayangnya sebagian pengguna, terutama yang baru beralih ke Android, kerap bereaksi berlebihan ketika dihadapkan pada masalah yang sebenarnya masuk dalam kategori tidak serius.

Apapun tingkat pemahaman Anda tentang Android, Google ingin Anda teredukasi dengan baik. Paling tidak, tanyakan pada ahlinya. Untuk itulah mereka baru saja meluncurkan halaman khusus yang berisikan tips dan trik seputar Android.

Situs tersebut memuat berbagai panduan, misalnya bagaimana cara menggunakan Google Photos, bagaimana cara membuat perintah suara dan ada juga panduan mengubah tampilan ponsel dan bahkan mendeteksi perangkat yang hilang.

Isi tutorial kategori "featured"

Google mengelompokkan tutorial ke dalam delapan kategori yang dapat Anda jumpai di bagian teratas situs, tepatnya di bawah gambar header. Adapun pilihan kategorinya antara lain, feature, privacy and security, voice, camera, battery, customization, Google apps dan settings.

Tutorial disajikan dalam jendela popup tanpa loading

Ke semua tips dan trik yang dihadirkan terbilang ramah untuk pengguna Android pemula. Konten utama dari masing-masing tips juga mudah diakses, Google menyajikan tutorial dalam jendela popup yang muncul seketika saat diklik. Jadi, pengguna tidak harus menungg loading halaman lagi. Sayangnya, Google tidak menyertakan gambar untuk tutorialnya. Pun begitu, jika diikuti dengan seksama, panduan ini akan sangat membantu pengguna.

Sumber berita Ausdroid.