20 March 2019

by Lukman Azis

Smartphone Android One Nokia 3.1 Plus Resmi Hadir di Indonesia

Nokia 3.1 Plus hadir untuk mendorong produktivitas penggunanya

Dalam acara bertajuk 'Hangout Night with Nokia Mobile' di Co-Hive Filateli pada tanggal 19 Maret, HMD Global secara resmi meluncurkan smartphone Nokia 3.1 Plus ke Indonesia.

Acara peluncurannya berlangsung meriah dan turut diramaikan oleh komunitas. Nokia juga mengundang Co-Hive, Loket, dan Whatravel karena punya kesamaan target market. Sekaligus untuk sharing pengalaman mereka guna memberikan motivasi dan inspirasi.

Bila tahun lalu, Nokia memposisikan dirinya sebagai 'ponsel yang bisa diandalkan' (reliability). Sekarang ada satu lagi yang dibawa oleh Nokia yakni 'adaptability'.

"Semua ponsel Nokia, baik flagship, mid-tier, maupun yang affordable - ketiganya punya derajat fleksibilitas yang tinggi." Ungkap Miranda Warokka, Head of Marketing Indonesia for HMD Global.

Update ke versi Android terbaru 9 Pie adalah salah satunya, sehingga smartphone Nokia bisa bekerja optimal baik performa maupun ketahanan baterainya. Nokia 3.1 Plus sendiri menjalankan program Android One dan ditujukan untuk mendorong penggunanya lebih produktif.

Fitur & Spesifikasi Nokia 3.1 Plus

Unit demo untuk mencoba Nokia 3.1 Plus baru dipasang dipenghujung acara. Unitnya juga terbatas, harus bergantian dengan yang lain, kondisi cahayanya kurang baik, dan akhirnya saya tidak mendapat kesempatan untuk hands-on.

Sekilas dari desainnya, Nokia 3.1 Plus mengusung body dengan material aluminium. Penempatan setup dual camera, LED flash, dan sensor fingerprint di bagian belakangnya berjajar vertikal khas kebanyakan smartphone Nokia.

Kamera utamanya 13 MP (f/2.0, AF) dan 5 MP (f/2.4) sebagai depth sensor. Sementara, bagian depannya 8 MP (f/2.2). Bentang layar 6 inci miliknya menggunakan panel IPS dengan resolusi sebatas HD+ (720x1440 piksel) dalm rasio 18:9.

Untuk dapur pacunya, Nokia 3.1 Plus mengandalkan chipset Mediatek Helio P22 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Bila kurang, bisa diperluas hingga 400GB melalui slot microSD.

Baterai berkapasitas 3.500 mAh juga menjadi keunggulannya dan diklaim mampu bertahan hingga dua hari. Satu lagi, Nokia 3.1 Plus punya fitur NFC yang berguna top-up eMoney atau sekedar untuk menyambungkan smartphone secara instan ke perangkat lain.

Nokia 3.1 Plus hadir dalam dua pilihan warna, blue dan baltic dengan harga Rp2.399.000. Bila tertarik, Anda bisa mengikuti pre-order dengan cashback Rp300.000 yang telah dimulai pada tanggal 15 sampai 22 Maret melalui Blibli.com, Dinomarket.com, Erafone.com, JD.id, Shopee, dan Tokopedia.