14 January 2015

by Bambang Winarso

Smartphone Berbasis Tizen, Samsung Z1 Bisa Menjalankan Aplikasi Android?

Samsung Z1 adalah varian perangkat smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi kembangan Samsung sendiri, Tizen. Walau begitu perangkat beda aliran tersebut sangat dimungkinkan dapat menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis Android. Bagaimana bisa?

Tizen merupakan sistem operasi kembangan Samsung yang berbeda dengan Android sehingga otomatis perangkat berbasis Tizen tidak secara resmi mendukung aplikasi-aplikasi berbasis Android.

Namun berkat Application Compatibility Layer perangkat non-Android khususnya Tizen sangat mungkin untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Android dengan sama baiknya.

 

Info Menarik:Bocoran Spesifikasi dan Wujud Cikal Bakal Xiaomi Mi 5 Kembali Mencuat

 

Hal ini dibuktikan oleh orang-orang dari TizenExperts yang baru-baru ini memamerkan sebuah video dimana mereka menjelaskan prosedur bagaimana perangkat smartphone Samsung Z1 yang notabene berbasis Tizen dapat menjalankan aplikasi WhatsApp. Padahal sejauh ini WhatsApp belum mendukung Tizen.

[youtube id="BQaJEwQ-0ek" width="620" height="360"]

Pihak OpenMobile sendiri selaku pengembang Application Compatibility Layer mengatakan bahwa saat Samsung Z1 nanti diluncurkan, pengguna dapat memasang ACL dari toko aplikasi Tizen. Di toko yang sama nantinya pun akan tersedia berbagai aplikasi Android yang dapat dipergunakan oleh mereka.

 

Info Menarik:smrtGRiPS Pandu Pesepeda Lewat Getaran Pada Setang

 

Sementara itu belum ada keterangan resmi dari pihak Samsung terkait dukungan ACL untuk perangkat Z1 atau apakah mereka telah mempersiapkan langkah-langkah khusus untuk mengatisipasi itu, misalnya dengan menggandeng OpenMobile sebagai rekanan sehingga nantinya pengguna tidak perlu memasang ACL seorang diri.

Gembar-gembor smartphone berbasis Tizen sudah merebak sejak tahun lalu. Reuters sempat pula mengabarkan bahwa Samsung Z1 yang akan dirilis di India pada 10 Desember namun sepertinya tidak terbukti benar. PhoneArena mengklaim Samsung Z1 akan dirilis 14 Januari 2015 di India dengan banderol berkisar $90-an.

Sumber berita PhoneArena , TizenExperts dan gambar header ilustrasi Samsung Z.