7 February 2013

by wiku

Smartphone Berbasis Ubuntu Siap Hadir Bulan Oktober?

Setelah diumumkan awal tahun lalu, kini informasi atas perangkat pintar dengan sistem operasi Ubuntu kembali hadir, diberitakan perangkat yang menggunakan sistem operasi ini akan mulai tersedia untuk konsumen pada bulan Oktober 2013.

Seperti yang dikutip dari WallStreetJournal, berita ini dikatakan oleh Mark Shuttleworth, founder dan CEO dari Canonical Ltd. Untuk para pengembang, akses atas sistem operasi akan 'dibuka' mulai akhir bulan Februari, yang dioptimasi untuk perangkat Galaxy Nexus dari Samsung.

Sistem operasi untuk perangkat bergerak ini secara singkat akan memberikan pengalaman yang memaksimalkan apa yang ada di Android dengan Ubuntu versi dekstop, pengguna bisa 'menempelkan' perangkat bergerak di keyboard, mouse atau monitor ukuran besar dan berpindah antara mobile ke desktop.

Ketersediaan dari perangkat bergerak berbasis Ubuntu ini akan hadir di dua pasar besar di dunia bulan Oktober, pihak Canonical juga mengatakan bahwa operator cukup berminat atas sistem operasi ini. Namun operator mana, wilayah mana serta mitra handset yang akan mendukung sistem operasi ini belum disebutkan.

Via: Engadget.