Categories

Gadget

Smartphone Berteknologi Sesame Bisa Digunakan Tanpa Disentuh

Yoga Wisesa - 9 June 2015

Ketika istilah smartphone disebutkan, hal apa yang langsung muncul di pikiran Anda? Perangkat telekomunikasi kesayangan serbaguna dengan sistem input sentuh di layar? Tapi apa jadinya jika sebuah smartphone dapat dioperasikan tanpa sentuhan? Tak perlu mengandai-andai, inovasi unik itu hadir dalam produk anyar garapan tim Tel Aviv bernama Sesame.

Berbeda dari perangkat smart lock buatan startup Candy House, Sesame adalah teknologi touch-free untuk handset pertama di dunia. Bukankah layar sentuh masih menjadi solusi navigasi konten terbaik di device mobile? Betul, namun Sesame sengaja diciptakan supaya orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik juga bisa menggunakan smartphone – didesain sendiri oleh penderita quadriplegic, Giora Livne.

Sesame memungkinkan smartphone dapat dikendalikan seluruhnya dengan gerakan kepala dan perintah suara, hebatnya lagi tanpa perlu membubuhkan hardware tambahan. Di awal kemunculannya ini, teknologi Sesame tersedia berupa lapisan software yang dibenamkan dalam Google Nexus 5. Ia langsung bekerja optimal begitu dikeluarkan dari bungkus, sama sekali tidak memerlukan sentuhan dan instalasi.

Developer meramu Sesame lewat kombinasi ‘visi komputer’, pengalaman pribadi, serta kemampuan pengenalan suara di perangkat bergerak. Buat sekarang, Sesame baru kompatibel secara eksklusif dengan Nexus 5. Alasannya lebih terkait teknis ketimbang bisnis, yaitu karena tim membutuhkan komposisi hardware spesifik. Tidak tertutup kemungkinan bagi Sesame untuk hadir di smartphone lain.

Info menarik: Thync Adalah Wearable Device Pengganti Minuman Berenergi

Dengan berjalan di platform Android, pengguna tetap memperoleh akses ke jutaan aplikasi di Google Play. Posting di Facebook, melayangkan tweet, mengirim pesan singkat, membaca, bermain game, menelepon, semuanya bisa dilakukan tanpa sentuhan. Dari pertama Sesame diracik, tujuan Giora Livne dan kawan-kawan ialah menyiapkan handset yang gampang dipakai oleh semua orang, tak peduli umur dan keterbatasan fisik mereka.

Di dalamnya ada fitur Computer Vision, memanfaatkan algoritma pintar untuk melacak gerakan kepala dengan keakuratan super-tinggi via kamera depan. Bahkan ketika tidak aktif, cukup sebut ‘open Sesame’ buat menyalakan smartphone.

Deskripsi developer mengindikasikan bahwa mereka memang berencana membuat brand smartphone sendiri. Andai memesannya sekarang di situs crowdfundingIndie Gogo, Anda akan mendapatkan tipe Google Nexus 5, dilengkapi kabel charging USB, earbud stereo, dan tak lupa pre-install software Sesame.

Satu unit Sesame Phone dibanderol seharga US$ 700 (Anda harus menambahkan US$ 50 lagi jika tinggal di luar wilayah Amerika atau Kanada).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter