Categories

Business

Smartphone dengan Firefox OS Pasti Hadir di India dan Indonesia Tahun Ini

Amir Karimuddin - 12 June 2014

Mozilla memastikan bahwa smartphone Firefox OS-nya berharga murah bakal menyambangi India dan Indonesia tahun ini. Dalam artikel di blog resminya, Mozilla mengatakan pihaknya sudah berpartner dengan Intex dan Spice (dua produsen ponsel India) dan akan hadir di India dalam beberapa bulan ke depan. WSJ sendiri mengungkapkan selain di India, produk ini juga bakal tersedia di Indonesia tahun ini.

Seperti diungkapkan oleh Mozilla, Firefox OS membidik smartphone kategori ultra-low-cost yang harganya bisa mencapai $25. Kisaran harga segitu memang sulit untuk disaingi oleh smartphone Android. Firefox OS berusaha mendorong pergeseran pengguna feature phone ke smartphone yang lebih kaya fitur dengan kisaran harga yang tak jauh berbeda. Salah satu komponen penting murahnya harga smartphone Firefox OS adalah penggunaan chipset Spreadtrum.

Selain kerja sama dengan perusahaan di India dan Indonesia, Mozilla juga mengumumkan kerja samanya dengan Chunghwa Telecom sebagai operator seluler terbesar di Taiwan. Contoh perangkat yang menggunakan Firefox OS didemokan dalam acara Mobile Asia Expo 2014 yang sedang berlangsung di Shanghai.

 

Info menarik: Smartphone Flame dengan Firefox OS Telah Bisa Dipesan

Di Indonesia sendiri, Mozilla telah menggandeng Telkomsel, Indosat, dan Polytron sebagai partner yang diumumkan di sela-sela acara Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona bulan Februari lalu. Selain Polytron, Mozilla juga telah bekerja sama dengan sejumlah produsen ponsel dunia seperti Alcatel, ZTE, Huawei, dan LG.

Mozilla sebelumnya dikenal sebagai yayasan nirlaba yang mengembangkan Mozilla Firefox, sebuah browser populer untuk desktop. Melihat potensi masa depan di ranah mobile, Mozilla mulai menghadirkan browser untuk platform Android dan kemungkinan mengembangkannya lebih jauh menjadi sistem operasi untuk platform mobile yang berbasiskan standar terbuka Web/HTML5.

Sejauh ini Mozilla telah mengajak 22 operator di seluruh dunia yang mendukung inisiatif perangkat berbasis Web yang terbuka (open web device initiative).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter