Categories

Gadget

Smartphone dengan Tampilan Visual 88 Persen Tawarkan Berbagai Keunggulan

Nonton video lebih asyik, nge-game lebih seru, dan kerja lebih produktif

JuLi Andrian - 21 May 2018

Tampilan layar penuh dengan notch saat ini menjadi tren yang cukup ramai diperbincangkan dan mulai banyak diterapkan dalam teknologi smartphone terbaru. Sejak pertama kali muncul di tahun 2017 lalu, penggunaan notch pada smartphone layar penuh sempat menuai cukup banyak pro dan kontra dari kalangan pengguna gadget. Banyak yang menganggapnya sebagai sebuah hal yang inovatif, namun ada pula yang kurang menyukai kehadirannya.

Dengan rasio layar yang lebih besar, banyak kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone berlayar penuh, seperti yang telah kami rangkum dalam poin-poin berikut.

1. Nonton Video Lebih Asyik dengan Layar Lebar

Kebutuhan untuk menikmati video dalam layar lebar akan semakin menjadi tren. Smartphone sebagai salah satu perangkat yang paling sering digunakan untuk menonton video juga ikut menyesuaikan rasio layarnya menjadi semakin lebar. Salah satu strateginya adalah dengan menerapkan desain bezel-less pada bagian layar, serta notch untuk menempatkan kamera, speaker, dan sensor.

Tampilan display yang lebih lebar pastinya menambah keasyikan tersendiri pada saat menonton video. Penerapan desain layar penuh dengan notch memungkinkan smartphone memiliki layar yang lebih lebar (dengan rasio 19:9) tanpa harus memperbesar ukuran perangkatnya, sehingga tetap nyaman digenggam dan dibawa.

2. Main Game Makin Seru dan Menguntungkan

Keseruan dalam bermain game tentunya akan meningkat saat menggunakan smartphone dengan layar yang lebih luas. Maka, desain layar penuh dengan notch pada smartphone menjadi salah satu solusi untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih baik bagi para gamer.

Bukan hanya sekedar menambah keseruan, layar smartphone yang lebih luas juga dapat memberikan keuntungan saat bermain game. Salah satunya adalah jarak pandang yang lebih luas, sehingga area permainan dapat terlihat lebih jelas dan detail. Untuk beberapa game tertentu seperti MOBA, tampilan map juga akan terpampang lebih luas. Hal ini dapat membantu para pemain untuk menyusun strategi dengan lebih baik dalam waktu yang lebih cepat.

3. Semakin Produktif dengan Multitasking

Selain untuk multimedia dan gaming, tak jarang pula pengguna yang memanfaatkan smartphone untuk bekerja dan melakukan aktivitas produktif lainnya. Dengan layar lebar, maka semakin banyak pula informasi yang dapat dilihat secara bersamaan. Hal ini tentu dapat mempermudah dan mempercepat pengguna dalam bekerja. Layar lebih lebar dengan rasio 19:9 serta okupasi layar sebesar 88% menawarkan kemudahan tersebut.

Fitur-fitur canggih pada smartphone juga dapat meningkatkan kemudahan pengguna dalam melaksanakan kegiatan produktifnya. Misalnya, fitur split screen yang dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan, sehingga tak perlu repot bolak-balik atau buka tutup aplikasi saat sedang membutuhkan keduanya.

Fitur lain yang dapat meningkatkan produktivitas adalah Fullscreen Multi Tasking seperti yang dimiliki OPPO F7. Lewat fitur ini, pengguna cukup melakukan swipe pada area dekat notch untuk menggunakan menu tambahan saat sedang menggunakan layar full-screen. Misalnya menonton video di YouTube atau saat bermain game. Menu tambahan ini berisi screen shot, screen recording, serta aplikasi perpesanan seperti SMS dan WeChat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan bahkan membalas pesan yang masuk sambil tetap melanjutkan permainan atau menonton video.

Kehadiran smartphone berlayar penuh dengan notch sejatinya memiliki berbagai manfaat bagi para penggunanya. Maka wajar jika layar lebar dengan elemen notch pada smartphone telah menjadi tren dan diterapkan oleh berbagai brand dalam perangkat generasi terbarunya. Inilah saatnya beralih dari smartphone lama Anda.

-

Disclosure: Artikel ini adalah sponsored content yang didukung oleh Oppo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter