Categories

Gadget

Smartphone for Snapdragon Insiders Adalah Hasil Racikan Terbaik dari Qualcomm Bersama ASUS

Unggul dalam berbagai aspek, termasuk kualitas audio dan harganya mencapai US$1.500

Lukman Azis - 9 July 2021

Pada bulan Maret lalu, Qualcomm meluncurkan program Snapdragon Insiders, sebuah komunitas bagi fans Snapdragon di seluruh dunia dan saat ini sudah memiliki 1,6 juta anggota. Melalui program Snapdragon Insiders, Qualcomm mengumumkan smartphone edisi khusus bernama Smartphone for Snapdragon Insiders by ASUS.

Sesuai namanya, perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 888 ini didesain, diproduksi, dan dijual oleh ASUS dengan harga US$1.500 atau sekitar Rp21,8 jutaan. Dalam paket penjualannya sudah termasuk earphone TWS premium khusus dari Master & Dynamic, adaptor Quick Charge 5, kabel pengisian daya, dan casing pelindung.

Lebih lanjut, bagian depan terpampang layar 6,78 inci beresolusi 2448×1080 piksel dalam rasio 20.4:9 dan sudah diproteksi Gorilla Glass Victus. Menggunakan panel AMOLED dari Samsung dengan Delta-E < 1, refresh rate 144Hz, dan response time 1ms. Layarnya mengantongi sertifikasi HDR10 dan HDR10+, dengan brightness 1.200 nits dan peak brightness hingga 1.200 nits, serta cakupan color gamut 111.23% DCI-P3, 106.87% NTSC, dan 150.89% sRGB.

Balik ke belakang, Smartphone for Snapdragon Insiders ini mengusung konfigurasi triple camera tetapi ketiganya powerful. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX686 beresolusi 64MP 0.8µm berukuran 1/1.73 inci dan bersanding dengan lensa 26,6mm beraperture f1.8. Juga dilengkapi 2×1 on-chip-lens phase detection autofocus, 4-axis optical image stabilization, dan dual LED flash.

Sementara, kamera sekunder dengan lensa ultra wide 14,3 mm f2.2 menggunakan sensor Sony IMX363 12MP 1.4µm berukuran 1/2.55 inci. Satu lagi, kamera dengan lensa telephoto 80mm beresolusi 8MP yang dilengkapi 4-axis optical image stabilization dan mampu menyuguhkan 3x optical zoom hingga total zoom 12x.

Tentu saja, smartphone ini didukung oleh 5G yang cepat dan tersedia secara global termasuk jaringan 5G Sub-6 dan 5G mmWave, dilengkapi dengan RAM 16GB dan kapasitas penyimpanan internal 512GB. Untuk performa audio, Smartphone for Snapdragon Insiders dirancang untuk menjadi pesaing sengit di arena audio, dilengkapi dengan dua speaker untuk pemutaran stereo dan empat mikrofon HDR dengan jangkauan dinamis 114 dB.

Skor secara keseluruhan DXOMARK Audio terhadap Smartphone for Snapdragon Insiders untuk pemutaran dan perekaman dan sub-skor masing-masing adalah 77 poin, menempatkannya dalam jajaran smartphone dengan skor audio terbaik yang telah teruji hingga saat ini. Dengan demikian, Smartphone for Snapdragon Insiders menjadi pilihan yang sangat baik untuk merekam semua jenis konten, dalam semua jenis skenario, dari memo rekaman suara, hingga konser live.

Rencananya Smartphone for Snapdragon Insiders akan tersedia secara komersial di beberapa negara tertentu pada bulan Agustus 2021 mendatang. Belum diketahui mengenai ketersediaannya di Indonesia dan ASUS sendiri saat ini memang hanya berfokus menggarap segmen smartphone flagship, di mana belum lama ini mereka telah memperkanalkan smartphone gaming ROG Phone 5 dan ZenFone 8 series.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter