Smartphone  gaming sepertinya bukan sekadar latah semata, tapi memang menjadi arah tren di industi mobile berdampingan dengan tonjolan notch di atas layar. Setelah Razer, Nubia, Black Shark dan Asus, kini sub-brand Huawei Honor juga ikut meluncurkan smartphonegame sendiri. Tapi seperti biasa, Huawei masih mempermainkan faktor harga untuk menarik minat konsumen. Honor Play varian 4GB + 64GB misalnya ditawarkan hanya $312, dan varian 6GB dijual hanya $375.

Tapi harga bisa saja menipu, spesifikasi tentu jauh lebih penting. Di bagian terdepan, smartphone berbasis Android Oreo ini menampilkan layar IPS LCD full HD 6,3 inci dengan tonjolan notch di dahi dan aspek rasio layar ke body sebesar 89 persen. Untuk melahap gamegame besar, Honor menyematkan chipset 10nm Kirin 970 dan mendapat NPU (unit pemrosesan saraf) untuk menangangi tugas-tugas yang berkaitan dengan kecerdasan buatan.

Honor Play_4

Tetapi Honor Play bukan tiba tanpa kejutan. Demi menghadirkan daya genjot lebih garang, Honor membenamkan GPU Turbo Graphics milik Huawei yang dirancang untuk meningkatkan kinerja grafis dan pada waktu yang sama memangkas konsumsi daya. Honor mengklaim bahwa selama pengujian awal, teknologi GPU Turbo mampu meningkatkan efisiensi grafis hingga 60 persen dan di saat bersamaan memangkas 30 persen konsumsi daya.

Honor Play_3Honor Play_2

Perangkat juga menjanjikan teknologi pengenalan adegan game 4D secara real-time hingga 30 sensasi berbeda yang menghadirkan pengalaman gaming yang lebih realistis. Honor Play juga menawarkan teknologi Audio Histen3D  dengan 7.1-channel.

Meski menonjolkan sisi gaming, Honor tak lantas melupakan sisi lain yang juga penting, yakni kamera. Dua kamera disematkan di bagian belakang masing-masing 16MP dan 2MP yang didukung oleh AF ganda dan juga AI screen recognition. Sedangkan untuk urusan selfie, ada kamera 16MP yang juga di atas rata-rata smartphone kelas menengah. Sayangnya, kapasitas baterai yang ditanamkan hanya sebesar 3.750mAh yang terbilang standar. Jadi, pengguna sepertinya harus dekat-dekat dengan colokan saat memainkan game dalam waktu yang lama. Honor Play hadir dalam warna Hitam, Biru, Violet dan dalam waktu dekat disusul oleh warna Merah.

screenshot-www.vmall.com-2018-06-07-12-34-44

Sumber berita GSMArena dan VMall.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.