22 December 2016

by Yoga Wisesa

Smartphone Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus Sajikan Kualitas Flagship di Harga Terjangkau

Anis Thoha Manshur: Zero 4 dan 4 Plus merupakan upaya Infinix membuat terobosan melalui kombinasi hardware berperforma tinggi dengan software.

Perjalanan Infinix di Indonesia memang belum lama, tapi dalam kiprahnya selama satu setengah tahun, brand Hong Kong ini berhasil menunjukkan bahwa nama mereka patut dipertimbangkan di kancah rivalitas smartphone kelas budget dan menengah. Dan sebagai produk flagship-nya, keluarga Zero memang mendapatkan perhatian istimewa dibanding model lain yang Infinix hadirkan di sini.

Tepat sebelum 2016 berakhir, Infinix memutuskan untuk memeriahkan peralihan tahun dengan membawa sepasang smartphone kelas 'Pro' ke nusantara: Zero 4 dan Zero 4 Plus. Seperti Zero 3 yang tiba pada bulan Maret silam, fotografi merupakan daya tarik utama kedua device. Namun kali ini Infinix juga menerapkan upgrade besar di sisi performa, lalu merombak total aspek desainnya sehingga perangkat terlihat lebih anggun.

Dari penuturan marketing manager Anis Thoha Manshur di presentasinya, Zero 4 dan 4 Plus merupakan upaya Infinix membuat terobosan melalui kombinasi hardware berperforma tinggi dengan software. Dan lewat inovasi teknologi, maka pengalaman penggunaan jadi lebih baik. Produk-produk ini sendiri sengaja ditargetkan ke kalangan tech-savvy, para profesional serta pekerja kreatif.

Desain

Dari perspektif desain, perbedaan terbesar antara Zero 4 dan Zero 4 Plus terletak pada luas layar (masing-masing seluas 5,5-inci dan 6-inci) serta dimensi, tapi selain itu keduanya hampir identik. Hilang sudah penampilan bersudut Zero 3, Zero 4 kini mengusung rancangan yang jauh lebih elegan. Di sisi wajah, Anda dihidangkan layar Corning Gorilla Glass 3 2.5D berbingkai hitam. Punggungnya sedikit dibuat melengkung dengan modul kamera yang menonjol, dan tidak jauh di bawahnya, Anda bisa menemukan sensor fingerprint.

Foto-foto Infinix Zero 4.

Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus memanfaatkan struktur unibody dari logam bertekstur matte, dan berdasarkan penjelasan Anis, baterai non-removable memungkinkan Infinix meminimalisir ketebalan device (Zero 4: 7,75mm; Zero 4 Plus: 8,25mm). Anda bisa menemukan dua tombol fisik (power dan volume) di sisi kanan serta tray kartu SIM/microSD di kiri.

Foto-foto Infinix Zero 4 Plus.

Tiga tombol navigasinya sendiri dimasukkan dalam display buat memaksimalkan rasio luas layar ke tubuh. Panel di kedua handset menyajikan resolusi 1080x1920, tetapi dengan layar yang lebih kecil, kepadatan pixel Zero 4 lebih tinggi dari Zero 4 Plus, yakni 440ppi versus 368ppi.

Zero 4.

Zero 4 Plus.

Ada kabar gembira jika warna device merupakan hal penting buat Anda. Infinix berencana menyajikan tidak kurang dari enam opsi warna: selain dua pilihan klasik seperti emas dan abu-abu, akan ada juga coklat, merah muda, biru dan ungu.

Kamera

Di segmen fotografi, ukuran pixel adalah hal yang membedakan dua perangkat ini. Zero 4 menyimpan sensor 16-megapixel, sedangkan Zero 4 Plus mewariskan ukuran sensor Zero 3, 20,7-megapixel - dipadu lensa ber-aperture f/2.0. Selain itu, fitur, sistem pendukung dan mode-mode di sana boleh dikatakan serupa. Kamera Zero 4 dan tipe Plus menggunakan teknologi autofocus laser, sehingga mampu menangkap detail dalam durasi lebih cepat.

Kamera juga dibekali fitur 4x 'sharper zoom', optical image stabilization buat mengurangi efek buruk dari pemakaian handheld, flash dual tone, juga disertai mode manual - membebaskan Anda mengutak-atik fokus, exposure, ISO, white balance, kecepatan shutter, hingga melakukan fotografi macro. Fungsi-fungsi tersebut disuguhkan lewat UI berdesain dial yang intuitif.

Infinix tentunya tak melupakan kapabilitas self-portrait kamera depan, dan sebagai produk yang lebih high-end, Zero 4 Plus memang lebih mumpuni dibanding saudarinya. Zero 4 Plus menghidangkan kamera depan 13-megapixel dengan f/2.0, sedangkan Zero 4 mempunyai sensor 8-megapixel f/2.2. Kedua model dilengkapi fitur wide selfie serta LED flash.

Hardware

Untuk device di rentang harganya ini, komposisi hardware Infinix Zero 4 sama sekali tidak mengecewakan. Smartphone diotaki system-on-chip Mediatek MT6753, berisi prosesor octa-core 1,3GHz dan GPU Mali-T720. Di sana ada RAM 3GB, flash memory 32GB (dapat diekspansi hingga 128GB), plus baterai 3.200mAh berfitur fast charging XCharge 3A PE (juga tersedia di Zero 4 Plus).

Performa hardware Zero 4 Plus sendiri berada cukup tinggi di atas Zero 4. Infinix menyematkan chip Mediatek Helio X20 (MT6797M), menyimpan prosesor 2,1Ghz sepuluh-core serta prosesor grafis Mali-T880, dengan RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal 32GB. Baterai 4.000mAh di dalam kabarnya bisa menyuguhkan durasi streaming musik hingga 360 menit dan bermain game sampai 70 menit non-stop.

Zero 4 Plus juga menyimpan sejumlah kemampuan eksklusif yang tidak ada di Zero 4, contohnya ialah multiple-account sehingga memungkinkan Anda menggunakan dua akun berbeda di app seperti Facebook ataupun WhatsApp, lalu ada pula teknologi kendali suara yang bisa pengguna konfigurasi.

Harga & ketersediaan

Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus rencananya akan tersedia di bulan Januari 2017, masing-masing dijajakan seharga Rp 3 juta dan Rp 3,7 juta.