Categories

Gadget

Smartphone Mid-Range untuk Bermain PUBG Mobile Grafis HD

Untuk bermain game PUBG Mobile dalam grafis HD dan frame rate tinggi

Lukman Azis - 23 July 2018

Game battle royale PUBG Mobile memang menuntut smartphone berspesifikasi tinggi agar bisa dimainkan dengan nyaman. Dibutuhkan setidaknya smartphone kelas menengah untuk bermain PUBG Mobile dalam kualitas grafis HD dan frame rate tinggi.

Saya punya empat rekomendasi smartphone mid-range yang ideal untuk aktivitas gaming – terutama bermain PUBG Mobile. Keempat smartphone ini juga sudah saya review dan memang menyuguhkan performa bertenaga untuk bermain game. Kita mulai dari harga yang paling murah.

1. Asus Zenfone Max Pro M1 3GB – Rp2,3 Juta

asus-zenfone-max-pro-m1

Sempat menjadi ‘HP ghoib’ di awal peluncuran, saat ini Asus Zenfone Max Pro M1 sudah lebih mudah untuk didapat. SoC Snapdragon 636 (3GB/64GB) dan baterai 5.000 mAh dengan harga Rp2,3 – membuatnya menjadi smartphone yang ideal buat aktivitas gaming, bisa buat main PUBG Mobile dalam grafis HD lebih lama.

Konfigurasi RAM 4GB dan storage 64GB juga telah tersedia dengan harga Rp2,8 juta. Selisih RAM 1GB ini tidak mempengarui performa di awal, tapi nanti setelah menginstal banyak aplikasi.

2. Oppo F7 – Rp4,2 Juta

review-oppo-f7

Lanjut ke Oppo F7 yang menggunakan MediaTek Helio P60, SoC ini tergolong baru dan terbukti bertenaga untuk bermain game di Oppo F7. Selain itu, fitur game acceleration membuatnya mampu bermain PUBG Mobile dalam grafis HD dengan lancar.

Oppo F7 varian RAM 4GB dan storage 64GB dibanderol Rp4,2 juta. Sementara, RAM 6GB bersanding storage 128GB dijual Rp5,5 juta.

3. Asus Zenfone 5 – Rp4,3 Juta

asus-zenfone-5

Asus Zenfone 5 juga bertenaga SoC Snapdragon 636 dan RAM 4GB, kemampuan gaming-nya memang tak beda jauh dengan Zenfone Max Pro M1. Tapi, Zenfone 5 hadir dengan ZenUI versi 5 yang lebih kaya fitur dan punya mode AI Boost.

Sementara, Zenfone Max Pro M1 menggunakan Android Pure atau polosan. Selain itu, desainnya lebih kece dan kemampuan kamera Zenfone 5 juga lebih unggul.

4. Vivo V9 6GB – Rp4,3 Juta

vivo-v9-6gb

Kalau Vivo V9 versi standar cuma jual tampang keren dan dikritik habis-habisan. Vivo akhirnya memutuskan membawa V9 versi RAM 6GB dengan SoC terkuat di Snapdragon 600 series yakni Snapdragon 660.

Harga Rp4,3 juta memang terbilang ‘nekat’, saya juga terkejut dan merekomendasikan smartphone ini untuk gaming. Hal yang dikorbankan Vivo pada V9 SD660 adalah kemampuan mengambil foto selfie – resolusi kamera depan turun setengahnya menjadi 12-megapixel.

Verdict

Untuk saat ini, itulah empat smartphone mid-range yang mampu bermain game PUBG Mobile dalam kualitas grafis HD dan frame rate tinggi secara default.

Tak semua smartphone kelas menengah mendukung grafis HD. Xiaomi Redmi Note 5 misalnya, meski hadir dengan Snapdragon 636 tapi mentok di grafis ‘balance‘ saja.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id