Smartphone Modular PuzzlePhone Akhirnya Punya Desain Final, Plus Kampanye di Indiegogo

Janji dirilis di tahun 2015 rupanya belum bisa ditepati oleh PuzzlePhone. Oh, Anda sudah lupa dengan perangkat ini? Well, ia merupakan salah satu smartphone modular yang diprediksi dapat bersaing dengan Google Project Ara.

Bagi yang sudah lama menantinya, Anda tak perlu kecewa, karena ini bukan berarti PuzzlePhone tidak jadi dirilis, melainkan pihak pengembangnya butuh waktu lebih lagi untuk menyempurnakan produknya. Namun supaya daya tariknya tidak hilang begitu saja, tim pengembang PuzzlePhone pun memutuskan untuk mengadakan kampanye crowdfunding di Indiegogo.

Apakah ada perubahan sejak idenya pertama kali diumumkan di akhir tahun kemarin? Konsepnya sih tetap sama, akan tetapi kita sudah bisa melihat desain versi finalnya sekarang. Dilihat dari sudut manapun, desainnya sekarang jauh lebih memikat ketimbang yang digagaskan sebelumnya.

Info menarik: PC Modular Revo Build dari Acer Bisa Ditumpuk Seperti Lego

Seperti yang saya katakan, konsepnya tidak berubah. PuzzlePhone masih terdiri dari tiga bagian modular yang mereka sebut dengan istilah Brain, Spine dan Heart. Brain adalah rumah dari komponen utama smartphone, mencakup prosesor, GPU, RAM, flash storage dan kamera.

Selanjutnya, Spine adalah struktur dari perangkat itu sendiri, dan merupakan tempat bernaungnya layar sentuh. Terakhir, Heart adalah jantung perangkat, dengan komponen utama yaitu baterai. Ketiga modul ini bisa dilepas dan diganti dengan yang baru, membuat masa depan perangkat ini pun terjamin dengan baik.

Soal spesifikasi sendiri, nantinya bakal ada sejumlah konfigurasi yang berbeda. Akan tetapi varian tertingginya saat ini mengemas layar full-HD 5 inci, prosesor octa-core 64-bit, RAM 3 GB, pilihan storage antara 16 - 64 GB, kamera belakang 12 megapixel dan depan 5 megapixel, serta baterai 2.800 mAh. Tidak lupa juga ditanamkan OS Android 6.0 Marshmallow beserta port USB-C untuk memenuhi standar terbaru.

Info menarik: Simpel dan Modular, CellRobot Bisa Dirakit Jadi Bentuk Apapun

Tapi sejujurnya kita sudah tidak perlu meninjau PuzzlePhone di atas kertas lagi. Kita sekarang perlu melihatnya masuk tahap komersialisasi dan tiba di tangan pengguna secepatnya.

Sayangnya kita baru akan berjumpa dengan PuzzlePhone paling cepat di bulan September 2016. Kabar yang lebih buruk lagi, nantinya ia hanya akan dipasarkan di negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat saja – belum ada info sama sekali mengenai Asia. Mengapa demikian? Karena tim pengembangnya bersikukuh untuk melangsungkan proses manufaktur secara lokal.

Terlepas dari itu, kampanyenya di Indiegogo saat ini baru saja berlangsung. Pledge yang ditawarkan bervariasi mulai $333 - $777, tergantung kapasitas storage dan sedikit variasi desain yang menjadikannya sebagai edisi terbatas. Kalau Anda tertarik memesan, pastikan Anda punya saudara atau rekan di negara-negara yang tertera pada kolom FAQ-nya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again