Categories

Mobile

Smartphone Nexus Bakal Dapat Suntikan Keyboard Emoji Terbaru

Akan digulirkan minggu depan, pengguna smartphone Nexus akan bisa mendapatkan koleksi Emoji yang lebih banyak

Oki Rosgani - 3 December 2015

Awal bulan Oktober 2015 lalu, Hiroshi Lockheimer selaku Senior Vice President Android di Google telah mengungkapkan melalui akun Twitter-nya bahwa pihaknya tengah menyiapkan keyboard dengan fitur emoji teranyar yang siap digulirkan untuk pengguna Android.

Namun sayangnya, saat itu Lockheimer tidak menjelaskan tanggal berapa fitur itu akan mulai digulirkan. Saat ini, platform Android masih menggunakan Unicode 6.0 pada sistem keyboard mereka, padahal platform iOS besutan Apple yang telah menjadi rival terkuat Android, telah merilis fitur serupa dengan basis Unicode 8.0 sejak digulirkannya platform iOS 9.1 beberapa waktu lalu. Oleh karenanya pengguna iOS memiliki koleksi gambar emoji lebih banyak dibanding pengguna Android.

Namun kini para pengguna Android (khususnya untuk pengguna perangkat Nexus) sudah bisa bernafas lega, pasalnya kabar teranyar yang diungkapkan oleh Lockheimer di Twitter-nya baru-baru ini telah menyebutkan bahwa pihak Google siap untuk merilis fitur emoji teranyarnya. Fitur ini akan hadir melalui update aplikasi keyboard Android yang akan digulirkan minggu depan.

Setelah melakukan upgrade terhadap aplikasi keyboard pada perangkat Nexus, nantinya para pengguna akan bisa mendapatkan tambahan emoji baru dimana beberapa diantaranya bisa dilihat pada gambar screenshot dari Twit yang di posting oleh Lockheimer di bawah ini:

Seperti yang kami kutip dari situs AndroidCentral, update keyboard yang dilakukan oleh Google ini sebenarnya tidaklah sesederhana yang dikira (termasuk keyboard, font dan code), akan ada sitem gambar baru bukan sekedar update untuk Google Keyboard. karena para pengembang di Google harus mengubah sejumlah code dan memasukan systemfont baru ke dalamnya. Sejalan dengan hal itu pula pihak Google harus menyelaraskan kode sumber ini kepada pihak OEM agar para produsen perangkat Android lain juga bisa menggunakan aplikasi keyboard baru ini dengan baik dan sempurna.

Emoji telah menjadi perwakilan dari bahasa verbal untuk berkomunikasi di dunia maya, para pengguna perangkat genggam yang biasa melakukan chatting bisa mengirimkan sebuah gambar emoji untuk mewakili emosi, perasaan atau ekspresi lainnya yang mungkin tidak bisa diungkapkan melalui kata-kata atau tulisan.

Sadar ataupun tidak, keberadaan emoji telah menjadi hal yang umum digunakan dalam berkomunikasi baik dalam sebuah aplikasi instant messenger, SMS, e-mail maupun penulisan status atau komentar di situs media jejaring sosial.

Sumber: AndroidCentral. Gambar Header: Shutterstock

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id