20 May 2014

by wiku

Smartphone Nokia X Terbaru Akan Hadirkan Tombol Home?

Seri Nokia X yang terdiri dari Nokia X, X+ dan XL telah diumumkan Nokia. Nokia X sendiri telah tersedia beberapa waktu lalu di Indonesia.

Perangkat Nokia X hanya menyertakan satu tombol di bagian tengah bawah dengan tampilan ‘meminjam’ tombol serupa di Nokia Asha, fungsinya untuk membalikan ke menu sebelumnya setelah pengguna memuka halaman tertentu. Dengan menekan lebih lama tombol ini, pengguna bisa kembali ke home screen.

Namun demikian, seperti yang dikutip dari BGR India, banyak pengguna yang tidak menyadari fungsi dengan menekan lama tombol ini akan mengarahkan mereka ke home screen. Pengguna lebih banyak menekan beberapa kali untuk back dan kembali ke halaman awal.

BGR India juga menyebutkan bahwa pentingnya home button ini dikarenakan bahwa Nokia X tidak memiliki menu swipe untuk melihat notifikasi, pengguna harus ke halaman awal untuk mengakses Fastlane.

Komplain dari pengguna inilah yang mendasari bahwa perangkat Nokia X selanjutnya akan menyertakan tombol home.

 

Info menarik: Kaskus Rilis Tampilan Baru

 

Saya sendiri sempat menjajal Nokia X, memang butuh waktu untuk terbiasa mengunakan perangkat ini, selain Fastlane yang seperti mengganti notifikasi yang bisa diakses dari atas ke bawah jika di iOS tombol back yang ada juga membutuhkan waktu untuk terbiasa bahwa itu bukan tombol home, kita harus menekan lama jika ingin langsung menuju home screen.

Nokia X adalah perangkat Nokia yang kini telah resmi dibeli Microsoft yang menggunakan Android Open Source Platform (AOSP), toko aplikasi dari Nokia pengganti Play Store yang disediakan memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi Android. Beberapa layanan Google tidak disediakan di platform ini tetapi digantikan layanan dari Microsoft dan HERE.

Mari kita tunggu apakah Microsoft Mobile (dulu Nokia Team) akan merilis generasi terbaru dari Nokia X dengan tombol home khusus.

Via: Ubergizmo. Foto koleksi Wikupedia.