4 December 2017

by Yoga Wisesa

Smartphone OnePlus 5T Edisi Terbatas Star Wars Diumumkan

Tapi ada kemungkinan, produk baru akan tersedia di India saja.

Meski pelepasan permainan Star Wars Battlefront II di bulan November kemarin tidak sebaik harapan kita, demam Star Wars akan kian menjadi setelah The Last Jedi tayang di layar lebar. Produsen mainan, barang fashion, hingga perangkat elektronik sudah pasti siap merayakannya dengan melepas produk-produk bertema jagat fiksi ilmiah kreasi George Lucas itu.

OnePlus tampaknya memutuskan untuk turut serta memeriahkan pesta Star Wars. Dalam festival Bengaluru Comic Con di India akhir minggu lalu, produsen smartphone asal Shenzhen itu menyingkap edisi terbatas dari produk flagship OnePlus 5T bertema Star Wars. Tema tersebut tak hanya diterapkan pada rancangan di luar, tapi juga diaplikasikan pada aspek software-nya.

Dari sisi desain, OnePlus 5T Star Wars Limited Edition sedikit berbeda dari varian standarnya. Anda tetap mendapatkan bagian wajah ber-frame hitam, namun versi Star Wars ini mengusung punggung berwana putih. Di sana, Anda akan kembali menemukan logo OnePlus berada di bawah sensor pemindai sidik jari, kemudian ada modul kamera ber-layout kapsul di pojok kiri atas - mirip iPhone 7 Plus.

Perbedaan paling mencolok terletak pada kehadiran branding Star Wars di area bawah sisi belakang. Penggunaan outline merah di font tersebut senada dengan logo Star Wars di Last Jedi - pertama kalinya Lucasfilm menggunakan warna merah di logo film. Selain itu, OnePlus juga mengimplementasikan warna ini di alert slider, sehingga bagian itu tampak kontras dengan latar belakang putih.

Selain membuatnya berbeda dari tipe hitam serta varian merah 'lava' yang OnePlus umumkan di akhir November kemarin, kombinasi warna putih dan hitamnya segera mengingatkan fans Star Wars pada seragam Stormtrooper. Di dalam, handset akan menyajikan beragam elemen Star Wars; mulai dari wallpaper, efek visual di UI, hingga audio (tebakan saya, tak jauh dari suara tembakan blaster, lightsaber, atau R2-D2).

Untuk sekarang, belum diketahui seberapa banyak unik OnePlus 5T Star Wars Limited Edition yang sudah produsen siapkan dan berapa harganya. Berdasarkan laporan situs berita India TechPP, produk ini akan meluncur pada tanggal 16 November, sehari setelah momen penayangan perdana Star Wars: The Last Jedi di Amerika. Sayangnya ada indikasi kuat produk ini baru akan tersedia buat India saja.

Spesifikasi hardware Star Wars Limited Edition ini kabarnya hampir serupa dengan OnePlus 5T edisi standar, tetapi hanya tersedia pilihan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

Via GSMArena. Tambahan: Forum OnePlus.