31 January 2019

by Bambang Winarso

Smartphone Terjangkau dengan Sensor Sidik Jari di Layar dari OPPO Segera Tiba di India?

Kuat dugaan smartphone yang dimaksud adalah R17 Neo dan K1

Sensor sidik jari di layar saat ini lebih banyak ditemukan di perangkat smartphone flagship yang harganya tidak murah. Tetapi OPPO dikabarkan ingin menghadirkan solusi bagi mereka yang menginginkan fitur tersebut tapi terhalang oleh harga. Pabrikan asal Tiongkok itu dikabarkan berencana meluncurkan smartphone dengan sensor sidik jari di layar tetapi dengan banderol di kelas menengah kurang dari $300 per unitnya.

Dipersiapkan untuk pasar India, smartphone baru dari OPPO ini masih menjadi misteri karena perusahaan masih enggan membeberkan nama sebenarnya. OPPO justru memilih untuk merilis teaser yang membuat publik semakin penasaran.

Karenanya muncul dugaan-dugaan liar. Sejumlah orang berspekulasi bahwa smartphone yang dimaksudkan oleh OPPO adalah K1 yang merupakan lini produk baru yang memang memiliki fitur sensor sidik jari di layar. K1 sendiri sudah memulai debut di Tiongkok pada tahun 2018 lalu.

OPPO K1 dibalut layar 6,4 inci yang terlihat makin lebar karena desain rasionya yang mencapai 19,5:9 atau sekitar 91% dari body secara keseluruhan. Diluncurkan dalam dua opsi RAM 4GB dan 6GB, K1 diimbangi dengan dapur pacu yang cukup menjanjikan, yaitu Snapdragon 660.

Spekulasi lainnya tertuju pada OPPO R17 Neo yang juga mengemas sensor sidik jari di balik layar. R17 Neo disebut mengemas layar AMOLED 6,41 inci dengan notch tetesan air, memiliki resolusi FHD + dan rasio aspek 19.5: 9. Munculnya nama R17 Neo sebagai kandidat terkuat karena R17 dan R17 Pro sudah diluncurkan di India.

OPPO sendiri tidak memberikan informasi yang lengkap terkait teaser barunya ini. Rumor yang berkembang mengatakan bahwa OPPO juga akan meluncurkan smartphone OPPO F11 dan F11 Pro untuk menemani apapun itu smartphone yang disebutkan dalam teaser.

Sumber berita GSMArena.