13 March 2015

by Bambang Winarso

Smartphone Perdana VAIO Resmi Meluncur, Spesifikasi Menengah Dibanderol "Wah"

Kabar burung soal terjunnya VAIO ke bisnis mobile ternyata bukan isapan jempol, baru-baru ini perusahaan "mantan" Sony tersebut sudah memamerkan perangkatnya di web operator lengkap dengan wujud, spesifikasi dan penawaran harga. Nama yang diusung tidak neko-neko, VAIO Phone. Simple tapi cenderung kurang kreatif.

Setelah membaca sekilas spesifikasi VAIO Phone, saya pribadi menilai tidak ada yang istimewa walaupun perangkat ini merupakan ponsel pintar perdana bagi sang vendor. Tadinya saya berharap ada sesuatu yang berbeda, paling tidak VAIO berani lebih agresif seperti halnya Xiaomi atau OnePlus.

Anda mungkin akan punya pandangan berbeda, tapi mari kita sibak lebih jauh spesifikasi sebenarnya. VAIO Phone yang tampil dengan warna dominan hitam membawa layar IPS dengan ukuran 5 inci dan resolusi 720p. Di bagian belakang ada kamera 13MP yang dipadukan dengan kamera depan 5MP. Berbalut chasing 141.5 x 71.3 x 7.95mm, VAIO Phone berbobot hanya 130gram dengan sokongan baterai 2.500mAh.

Info Menarik:Layanan Sony PlayStation Mobile Akan Segera Ditutup

Sementara soal jeroan, VAIO membenamkan chipset yang belum diketahui buatan siapa, yang pasti berupa prosesor empat inti (quad-core) dengan kecepatan 1,2GHz plus RAM 2GB dan memori internal 16GB yang dapat ditingkatkan melalui slot microSD.

Ponsel yang mengusung model VA-10J ini seterusnya menawarkan interface terbaru dari Android 5.0 Lollipop tanpa adanya polesan layaknya TouchWiz ala Samsung atau ColorOS besutan OPPO.

Untuk saat ini VAIO Phone dilepas di kawasan Jepang dengan penawaran paket pembelian yang menggiurkan. Namun jika ditotal, harga VAIO Phone cukup mahal untuk ukuran perangkat menengah, yakni mencapai $420 atau setara dengan Rp 5,4 juta-an.

Yang menarik, VAIO Phone ini sangat mirip dengan Panasonic Eluga 2 baik dari segi perawakan maupun jeroan. Bedanya, Panasonic Eluga 2 diluncurkan di Taiwan dengan banderol lebih murah hampir separuh harga dari VAIO Phone. Sepertinya VAIO punya tugas yang berat untuk bisa membuat kejutan sebagai pendatang baru di industri mobile.

Sumber berita GSMArena dan Bmobile.