6 August 2015

by Bambang Winarso

Smartphone Samsung Bakal Kebal Serangan Hacker

Anggapan miring bahwa ponsel pintar berbasis Android rentan serangan peretas sedikit banyak ternyata menggangu tidur Google dan vendor perangkat. Tak ingin menyesal di belakang hari, Samsung berencana meluncurkan update keamanan untuk ponsel besutannya secara rutin.

Dong Jin Koh selaku Executive Vice President and Head of Mobile Research and Development Office, IT & Mobile Communications di Samsung Electronics mengungkapkan keseriusan pihak Samsung untuk kembali berpikir perihal pendekatan mereka untuk melindungi perangkat pengguna.

Mereka beranggapan bahwa setiap hari ada saja cara baru yang dimanfaatkan oleh peretas untuk membobol piranti lunak. Mereka merasa perlu memberikan respon yang lebih cepat dalam meluncurkan tambalan keamanan agar pengguna tetap terlindungi.

Lalu seberapa seringkah update ini akan dirilis? Samsung memastikan pihaknya akan meluncurkan tambalan keamanan untuk perangkat secara rutin setiap bulan. Namun saat ini mereka sedang melakukan pembicaraan dengan operator untuk menerapkan rencana ini.

Langkah Samsung ini merupakan rangkaian proses yang dimotori oleh Google. Di hari yang sama Google membuat pengumuman yang isinya membahas soal peluncuran tambalan keamanan untuk sistem operasi Android melalui para rekan OEM dimana Samsung termasuk di dalamnya.

Google juga memastikan perangkat Nexus meliputi Nexus 4, Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7, Nexus 9, Nexus 10 dan Nexus Player akan mulai memperoleh update tersebut minggu ini dan seterusnya setiap satu bulan sekali.

Sumber berita SamsungTomorrow dan gambar header Shutterstock.