15 January 2016

by Oki Rosgani

Smartphone Samsung Z3 dengan Tizen OS Siap Sambangi Indonesia

Diperkirakan akan hadir awal kuarter pertama tahun 2016

Sebagai platform pendatang baru, kepopuleran Tizen OS memang belum berhasil mengalahkan platform Android dan iOS. Meski demikian OS ini menjadi tambahan pilihan menarik untuk mendukung kinerja smartphone rilisan Samsung.

Pada kurtal ketiga tahun 2015 lalu, sistem operasi mobile besutan Samsung ini telah berhasil melengserkan BlackBerry OS, sehingga Tizen OS bisa menjadi sistem operasi terbesar keempat di dunia.

Setelah sukses meluncurkan perangkat Samsung Z1, yang berjalan dengan Tizen OS, Samsung telah kembali memperkenalkan smartphone Samsung Z3 sebagai perangkat seri lanjutan dari versi lama. Kini smartphone tersebut telah siap menyambangi sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Menurut informasi yang kami rangkum dari situs GSMArena, pihak Samsung memang belum merilis informasi resmi terkait ke pasar mana saja smartphone ini akan dilucurkan, namun laman situs tersebut menyebutkan bahwa dua negara yang akan menikmati smartphone ini yaitu Rusia dan Indonesia.

Sementara untuk saat ini, smartphone Samsung Z3 telah hadir di India dan ditawarkan dengan harga INR 8,400 atau setara dengan Rp. 1.736.000 per unitnya. Kendati hadir dengan harga yang relatif cukup bersahabat, smartphone bersistem Tizen besutan Samsung ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni.

Dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 5 inci yang mampu menampilkan resolusi hingga 720 piksel, smartphone ini juga diotaki dengan prosesor quad-core dan hadir dengan kamera utama 8 megapiksel yang mampu menghasilkan gambar berkualita 720p.

Seperti yang sebelumnya pernah kami ulas, smartphone ini juga memiliki sejumlah fitur menarik didalamnya, selain hadir dengan kamera depan berkemampuan 5 megapiksel. Pihak Samsung juga telah melengkapi perangkat ini dengan sejumlah software seperti; Automatic Selfie, Beauty Face Mode, dan Wide Selfie untuk membuat foto selfie dengan kemampuan sudut tangkapan yang lebih luas.

Sayangnya, belum ada informasi detail mengenai kapan tanggal rilis smartphone ini di tanah air, namun DiGiTimes menyebutkan bahwa Indonesia akan kebagian perangkat ini awal kuarter pertama 2016. Kita tunggu saja informasi resmi dan kehadirannya.

Sumber dan Gambar Header: GSMArena. Gambar header: Shutterstock.