Categories

Gadget

Smartphone Seharga $4, Freedom 251 Bakal Dikirim ke Pemesan pada 30 Juni

Di kloter pertama ini Ringing Bells akan mengirimkan sebanyak 2,5 juta unit smartphone

Bambang Winarso - 28 June 2016

Beberapa waktu yang lalu muncul sebuah kabar mengenai sebuah smartphone Android super murah yang dibanderol hanya $4 atau setara dengan Rp 52 ribu-an. Tak peduli bagaimana cara Anda melihat fenomena ini, tapi yap, smartphone murah bernama Freedom 251 itu bukan isapan jempol belaka.

Sempat dijegal oleh gugatan hukum, sang pabrikan Ringing Bells yang berasal dari India menolak untuk menyerah. Malahan baru-baru ini CEO Mohit Goel telah memastikan bakal mengirimkan pesanan pre-order sebanyak 2,5 juta unit smartphone pada 30 Juni mendatang.

Freedoma 251 dibekali layar 4 inci dan RAM 1GB

Freedom 251 merupakan smartphone Android entrylevel yang dibalut layar 4 inci dengan resolusi 800x480 WVGA. Di bagian dalam, perangkat mengemas prosesor quad-core, RAM 1GB dan memori internal seluas 8GB. Smartphone juga dilengkapi sepasang kamera belakang dan depan dengan resolusi masing-masing 3,2MP dan 0.3MP. Spek ini dapat dijumpai dalam smartphone yang dijual hanya $4, memang tak istimewa tapi seandainya kinerjanya tak sesuai dengan lembar spek, rasanya kerugian yang ditanggung tak membuat kantong bolong.

Sejauh ini menurut Indianexpress via Slashgear, Freedom 251 mendapatkan atensi yang cukup besar dari calon pembeli. Setidaknya sebelum sistem mereka ambruk, ada 70 juta pesanan yang masuk dari seantero India. Pengiriman perdana yang dijadwalkan pada akhir bulan ini baru sebanyak 2,5 juta unit smartphone. Masih jauh dari jumlah pesanan yang masuk. Tetapi pabrikan menjanjikan segera mengirim sisanya dalam jumlah yang sama setiap bulan.

Dengan tingginya minat pasar, tampaknya target Goel untuk meraih profit setelah mencapai volume tertentu bakal segera kesampaian. Goel mengaku saat ini mereka menanggung kerugian sebesar RS 150 atau Rp 29 ribu per satu unit Freedom 251. Goel menargetkan penjualan sebanyak 200 juta unit per bulan.

Sumber gambar header Facebook/RingingBells.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter