Categories

Gadget

Smartphone Tizen Samsung Z1 Akhirnya Resmi Diluncurkan

Bambang Winarso - 14 January 2015

Smartphone berbasis Tizen pertama, Samsung Z1 akhirnya resmi diluncurkan di India setelah sempat muncul dalam sejumlah rumor yang membingungkan. Namun saga itu berakhir sudah, tidak ada lagi rumor atau kabar burung. Samsung secara resmi telah memastikan bahwa Samsung Z1 siap memulai petulangan di India.

Disebut-sebut berbanderol murah, realisasinya Samsung Z1 memang ditawarkan hanya INR 5,700 atau setara dengan $90 dengan tiga pilihan warna, putih, hitam dan merah.

Kemudian bicara soal spesifikasi, Samsung Z1 terbalut layar 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel, prosesor 1,2 GHz dual-core dipadukan dengan RAM 768MB dan memori internal 4GB. Tak ada yang istimewa? Wajar, karena Samsung Z1 memang merupakan perangkat kelas entry level yang misinya adalah menarik pengguna feature phone untuk beralih ke smartphone. Sehingga spesifikasi yang dijejalkan pun disesuaikan dengan target pasarnya.

Lanjut ke sektor kamera dimana seperti perangkat smartphone umumnya, terdapat dua komponen. Kamera utama di bagian belakang membawa sensor 3,1MP sementara kamera kedua di bagian depan hanya 0,3MP. Kemudian soal penopang daya, terdapat baterai berkapasitas 1500 mAh sebagai tumpuan.

 

Info Menarik:Smartphone Berbasis Tizen, Samsung Z1 Bisa Menjalankan Aplikasi Android?

 

Meski tergolong rendah, baterai ini diklaim mampu memberikan tenaga selama 7 jam dalam mode video non-stop dan 8 jam mode bicara. Fitur menarik bernama Ultra Power Saving Mode juga disematkan guna memastikan pengguna tetap terhubung ke jaringan kendati dengan daya yang minimum.

Sederet paket hiburan tambahan juga ditambahkan oleh Samsung sebagai penarik pembeli. Di antaranya, layanan streaming dan download musik di Hungama, kemudian Live TV dari nexGTv dan Box TV selama tiga bulan dan juga konten premium di Club Samsung.

 

Info Menarik:Inikah Penampakan Smartphone Samsung Galaxy J1?

 

Sistem operasi yang dibawa sudah barang tentu adalah Tizen versi 2.3 yang kemudian disempurnakan dengan dukungan sejumlah fitur seperti Private Mode, Send Help Message, Security dan fitur konektivitas WiFi dan Bluetooth.

Mulai hari ini waktu setempat, Samsung Z1 sudah tersedia di India. Namun belum ada informasi lebih lanjut apakah Samsung Z1 juga akan dirilis ke wilayah lain.

Sumber berita SamsungTomorrow.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter