Categories

Gadget

Smartphone Ubuntu Dari Meizu Meluncur Awal 2015

Oki Rosgani - 26 November 2014

Perusahaan pembuat smartphone asal Tiongkok, Meizu, telah bekerja sama dengan Ubuntu untuk membuat sebuah smartphone yang berjalan dengan platform Ubuntu Touch yang siap meluncur ke pasaran pada awal tahun 2015 nanti.

Keberadaan platform mobile baru besutan Canonical ini telah tersiar sejak tahun 2013 lalu, dimana ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari sistem operasi Ubuntu Linux yang khusus diterapkan untuk platform mobile seperti smartphone dan tablet.

Kerja sama antara pihak Ubuntu dan Meizu sejatinya telah berlangsung sejak lama, namun keberadaan smartphone Meizu yang berjalan dengan platform Ubuntu Touch memang belum beredar di pasaran. Tapi kondisi ini tidak akan lama lagi atau tepatnya pada kuartal pertama tahun 2015 nanti Meizu diberitakan telah siap memasarkan smartphone tersebut di kawasan Tiongkok dan Eropa.

Sayangnya belum ada informasi detail mengenai spesifikasi apa yang akan diusung oleh smartphone tersebut, diperkirakan smartphone yang akan menjalankan platform ini adalah varian dari Meizu MX4, yang merupakan salah satu produk flagship dari vendor asal Tiongkok ini.

Pada bulan Februari 2014 lalu, Meizu sebenarnya telah memamerkan smartphone Ubuntu di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 yang berlangsung di Barcelona, kala itu Meizu menampilkan smartphone MX3 sebagai prototipe perangkat smartphone yang berjalan dengan sistem operasi Ubuntu Touch.

 

Info menarik: Huawei Honor Smart Glass Siap Menjadi Pesaing Google Glass

 

Platform Ubuntu sendiri sebenarnya telah lama dikembangkan oleh Canonical, perusahaan pengembang sistem Ubuntu Linux yang dipimpin oleh Mark Shuttleworth ini telah resmi meluncurkan platform Ubuntu Touch sejak 2 Januari 2013 lalu. Selain untuk perangkat smartphone, platform Ubuntu Touch bahkan telah tersedia juga untuk perangkat tablet.

Ubuntu Touch menawarkan platformmobile yang memberikan pengalaman yang sama dengan pengalaman menggunakan sistem operasi desktop, sehingga aplikasi yang berjalan pada platform Ubuntu desktop juga akan bisa berjalan pada platform Ubuntu Touch.

Ubuntu Touch atau Ubutu versi mobile ini juga menawarkan opsi dimana pengguna bisa memasangkan smartphone Ubuntu ke monitor melalui docking eksternal untuk memberikan sistem operasi Ubuntu versi desktop seutuhnya.

Selain dengan Meizu, pihak Canonical juga telah bekerja sama dengan BQ, salah satu produsen smartphone yang berbasis di Spanyol, yang juga siap merilis smartphone bersistem operasi Ubuntu Touch.

Kerja sama seperti ini juga dilakukan dengan berbagai operator juga OEM sebagai upaya untuk memasarkan smartphone Ubuntu keseluruh dunia, termasuk Indonesia, karena kabarnya Indonesia juga akan masuk ke dalam peta pemasaran setelah Tiongkok dan Eropa. Adalah Smartfren yang akan menjadi pintu pemasaran smartphone Ubuntu Touch di indonesia karena operator seluler berbasis CDMA ini telah tergabung kedalam Carrier Advisory Group Ubuntu (CAG).

Sumber: GSMArena | Gambar Header: Oizoioi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id