Categories

Gadget

Smartphone Ubuntu OS Pertama Siap Melenggang di Eropa

Oki Rosgani - 9 February 2015

Setelah hadir dalam beberapa produk prototype, akhirnya sistem operasi Ubuntu Touch hadir pada perangkat smartphone, dan ini akan menjadi smartphone Ubuntu pertama yang hadir kepasaran. Smartphone tersebut adalah BQ Aquarius E4.5 Ubuntu Edition.

Smartphone yang lahir dari perusahaan berbasis di Spanyol bernama BQ mobile ini merupakan hasil kerja sama Canonical dengan perusahaan tersebut, sebelumnya BQ Mobile memang telah dipilih untuk menjadi salah satu partner dalam pembuatan hardware Ubuntu Touch.

Aquarius E4.5 Ubuntu Edition mengusung layar berukuran 4.5 inci dengan resolusi layar 960 x 540 piksel, diotaki dengan prosesor SoC quad-core yang berlari pada kecepatan 1.3GHz Cortex A7 CPU besutan MediaTek.

Smartphone ini juga didukung dengan RAM 1GB serta media penyimpanan NAND Flash berkapasitas 8GB namun pengguna dapat menambahkan ruang penyimpanan melalui slot SD card yang tersedia. Menariknya, smartphone ini juga hadir dengan dua buah slot SIM card dan kamera depan 5 megapiksel.

 

Info menarik: Ini Informasi Harga dan Pre-Order Tiga Smartphone Program Android One

 

Jika menilik dari spesifikasi hardware yang diusungnya, sepertinya smartphone ini memang masuk dalam kelas low-end, tapi sepertinya spesifikasi tadi bisa jadi sangat mumpuni untuk menjalankan sistem operasi Ubuntu Touch tersebut. Sayangnya kita belum bisa dapat memastikan karena Ubuntu Phone tersebut baru akan dirilis dipasar Eropa mulai minggu depan dengan jumlah yang terbatas dan akan dijual secara 'flash sale' dengan harga €170 (atau sekitar US$190).

Kehadiran smartphone dengan sistem operasi Ubuntu sepertinya akan menjadi menarik sekaligus menjadi alternatif bagi sistem operasi mobile yang ada saat ini, terlebih ketika smartphone Ubuntu Edge yang tahun lalu ditargetkan Canonical untuk bisa hadir dipasaran gagal dalam mencapai target penggalangan dana.

Sedikit berbeda dengan perangkat Ubuntu Edge, smartphone BQ Aquaris E4.5 Ubuntu Edition tidak dapat difungsikan sebagai 'desktop PC' ketika dihubungkan dengan monitor dan keyboard. Karena melalui perangkat ini pihak Canonical disebutkan ingin lebih berfokus kepada user interface yang disebutnya sebagai Scope, smartphone ini juga lebih ditargetkan untuk pengguna early adopter.

Antarmuka Scope menampilkan berbagai kategori yang memiliki fungsi khusus seperti informasi cuaca, kamera, musik dan lain sebagainya. Scope juga memiliki kemampuan untuk mengingat aplikasi apa yang sering digunakan oleh penggunanya dan menampilkan ikon aplikasi tersebut dalam bentuk Card yang bisa digeser-geser mirip dengan apa yang ada pada aplikasi Google Now.

 

Info menarik: Erajaya Resmi Bawa iPhone 6 ke Indonesia, Ini Detail Harganya

 

Selain itu Scope juga akan menampilkan informasi cuaca, berita headline dari situs pihak ketiga, aplikasi Twitter serta daftar kontak yang sering dihubungi. Namun begitu penggunanya juga memiliki opsi untuk mengatur aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan oleh Scope.

Berikut adalah video demo antar muka Scope yang ada pada smartphone Ubuntu Phone:

Sayangnya, belum ada kabar mengenai kapan smartphone ini akan masuk ke pasar selain Eropa termasuk juga Indonesia. Namun dalam waktu dekat, kabarnya Meizu tengah bersiap untuk merilis smartphone Ubuntu ini kepasaran. Sebelumnya vendor smartphone yang berbasis di Tiongkok ini juga menjadi partner Canonical untuk membuat smartphone Ubuntu Touch.

Selain itu, perusahaan asal Indonesia juga sempat diberitakan menjadi Carrier Advisory Group Ubuntu (CAG), jadi peluang untuk perangat berbasis Ubuntu hadir di pasar lokal sepertinya terbuka lebar, jadi mari kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Sumber BGRTNW dan Ubuntu.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter