Categories

Gadget

Mengulik Fitur Unggulan Smartphone untuk Gaming Asus Zenfone Max Pro M1

Chipset Snapdragon 636 dan baterai 5.000 mAh menjadi modal utama untuk gaming

Lukman Azis - 24 April 2018

Game mobile bergenre MOBA seperti Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, dan Vainglory telah menjadi game favorit para gamer mobile di Indonesia. Saat ini fenomena game dengan genre battle royale seperti PUBG Mobile, Fortnite Mobile, dan Rules of Survival juga mulai dirasakan.

Banyaknya orang yang punya smartphone dan munculnya beragam game berkualitas yang bisa dimainkan secara gratis, membuat game mobile terus berkembang, bahkan akan mendominasi industri game.

Berangkat dari faktor tersebut, Asus telah meluncurkan smartphone yang mengandalkan kemampuan gaming yakni Zenfone Max Pro M1. Bertajuk "Limitless Gaming", ponsel ini dibekali chipset powerful, FullView display, baterai 'gajah'. Seperti apa kehebatannya?

Chipset Qualcomm Mid High Snapdragon 636

Desain Asus Zenfone Max Pro M1 / Dailysocial

Qualcomm telah mendefinisikan ulang tingkatan chipset buatannya menjadi empat kategori, yaitu premium untuk seri Snapdragon 800, high-end seri Snapdragon 600, middle seri 400, dan entry-level untuk seri 200.

Asus memilih mempersenjatai Zenfone Max Pro M1 dengan chipsethigh-end Qualcomm generasi terbaru yakni Snapdragon 636, tapi saya lebih nyaman menyebutnya sebagai chipset mid high karena smartphone ini dibanderol terjangkau. Chipset ini memiliki arsitektur Kyro 260 dengan konfigurasi big.LITTLE dan diproduksi menggunakan pabrikasi 14 nm FinFET.

Ada empat core Cortex-A73 untuk performance dan empat core Cortex-A53 untuk efficient, kecepatan clock masing-masing 1.8GHz. Dengan GPU Adreno 509 yang mampu menyuguhkan performa gaming dan web browsing 10 persen lebih baik.

Ambil contoh PUBG Mobile, Zenfone Max Pro M1 akan disuguhkan kualitas grafis HD dan frame rate tinggi. Tampilan lebih detail tak cuma memanjakan mata, tapi memberikan vision lebih baik untuk menemukan musuh.

FullView Display 5,99 Inci

Layar seluas 5,99 inci disokong resolusi full HD+, tentu sangat ideal untuk aktivitas gaming. Berkat aspek rasio 18:9, tampilan konten tersaji lebih banyak sekitar 12 persen lebih banyak dibanding 16:9.

Selain itu, contrast ratio 1500:1 memberikan sudut pandang yang lebih jelas ke arah layar. Serta sanggup menyala hingga pada 450 nits, sangat terang. Lengkap dengan teknologi TruePallete sehingga warna yang tampil lebih alami dan EcoPix yang memastikan layar dapat terlihat di bawah sinar matahari.

Baterai 5000 mAh & Dual Camera

Berapa lama ZenFone Max Pro M1 bertahan untuk bermain game? Berbekal baterai kapasitas 5.000 mAh, Asus mengklaim bahwa sekali charge Anda bisa bermain game secara non-stop hingga 45 match atau sekitar 11,3 jam.

Sedangkan untuk game battle royale seperti PUBG Mobile mampu bertahan hingga 7 jam. Rules of Survival 8 jam dan Free Fire 9 jam.

Menyoal fotografi, Asus punya konfigurasi dual camera yang berbeda, 16MP+5MP untuk model RAM 6GB, serta 13MP+5MP untuk model RAM 3GB dan 4GB. Downgrade spesifikasi kamera tersebut sebenarnya sangat disayangkan.

Hands-on Asus Zenfone Max Pro M1

Chipset Snapdragon 636 yang cukup powerful, FullView display 5,99 inci full HD+ 18:9, dan kapasitas baterai 5.000 mAh yang lumayan besar memang membuat Asus Zenfone Max Pro M1 sangat nyaman untuk bermain beragam game. Namun saya tidak merasakan kesan gaming-nya.

Alih-alih memberi sentuhan UI dan konten yang kental akan tema gaming, Asus justru menanggalkan Zen UI dan menggunakan Pure Android 8.0 Oreo. Pun begitu dengan desain dan paket penjualannya, tak mengedepankan kemampuan gaming-nya.

Body-nya sendiri tersusun atas material metal, dimensi cukup ringkas 159x76mm tapi agak sedikit tebal 8,5mm. Masih bisa dimaklumi, karena baterai yang diusungnya terbilang besar. Warna yang ada ialah meteor silver dan deepsea black.

Bila melihat dari harganya yang amat menarik, Asus Zenfone Max Pro M1 memang dirancang untuk menghadapi Xiaomi Redmi Note 5. Berikut daftar harganya:

  • Asus Zenfone Max Pro M1 (RAM 6GB, ROM 64GB, kamera 16MP+5MP, kamera depan 16MP) - Rp3.299.000
  • Asus Zenfone Max Pro M1 (RAM 4GB, ROM 64GB, kamera 13MP+5MP, kamera depan 8MP) - Rp2.799.000
  • Asus Zenfone Max Pro M1 (RAM 3GB, ROM 32GB, kamera 13MP+5MP, kamera depan 8MP) - Rp2.299.000

Varian Lebih Terjangkau - Zenfone Max M1

Selain Zenfone Max Pro M1, Asus juga membawa varian yang lebih terjangkau yakni Zenfone Max M1 dengan fitur kunci FullView display 5,5 inci resolusi HD+, Snapdragon 430, RAM 3GB, ruang penyimpanan 32GB, Android 8.0 Oreo, kamera utama 13MP, kamera depan 5MP, dan baterai 4.000 mAh

Bila Zenfone Max Pro M1 dirancang untuk hardcore game, Zenfone Max M1 lebih ditunjukkan kalangan gamer casual yang tidak terlalu intens dalam bermain. Dibanderol Rp1.899.000, yang satu ini bakal berhadapan langsung dengan Xiaomi Redmi 5 dan Infinix Hot S3.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter