21 November 2019

by JuLi Andrian

Manfaatkan Smartphone untuk Wujudkan Gaya Hidup Sehat

Mulai dari menjaga pola tidur sampai meningkatkan asupan air minum

Smartphone saat ini menjadi salah satu perangkat yang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia. Dilihat dari statistiknya, penggunaan smartphone juga telah mencapai angka yang cukup tinggi. Mulai dari jumlah pengguna smartphone di Indonesia yang mencapai 92 juta, hingga rata-rata penggunaannya yang mencapai 7 jam per hari. Dari waktu penggunaan yang panjang itu, sebagian besar dihabiskan untuk media sosial.

Alangkah baiknya jika selain untuk bermedsos ria, smartphone juga digunakan untuk membantu kita menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Salah satunya dengan bantuan berbagai aplikasi yang dapat memandu kita untuk melakukan gaya hidup sehat. Berikut beberapa aplikasi yang telah kami rangkum dapat Anda gunakan untuk menunjang gaya hidup sehat.

1. Pengingat Minum Air

Dalam berbagai penelitian tentang kesehatan, telah banyak ditemukan manfaat mengenai konsumsi air putih secara teratur dan dengan jumlah yang sesuai. Manfaat utamanya adalah menjaga kadar cairan dalam tubuh untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan, ginjal, dan mempertahankan suhu tubuh. Manfaat lainnya adalah memberikan energi pada otot dan melumasi sendi, mengendalikan asupan kalori, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf tulang belakang, dan membantu pembuangan sisa makanan.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu Anda minum air secara teratur antara lain Drink Water ReminderAqualertWaterMinder. Pada dasarnya, cara kerja aplikasi tersebut adalah untuk mengingatkan Anda kapan saatnya minum air dan berapa banyak air yang harus Anda minum. Lewat aplikasi ini, Anda juga dapat mengukur berapa banyak air yang telah Anda konsumsi, serta apa pengaruhnya bagi kesehatan tubuh Anda.

Selain keteraturan dan jumlah air yang diminum, kualitas dari air yang dikonsumsi juga perlu menjadi perhatian utama. Sebab, kandungan mineral dalam air yang Anda minum juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu brand yang secara konsisten menjaga kualitasnya adalah AQUA yang telah lebih dari 45 Tahun, murni langsung dari sumbernya.

Kualitas air minum AQUA dimulai dari pemilihan sumber mata air yang tepat, dengan 9 kriteria dan 5 tahapan penelitian selama minimal 1 tahun. Penelitian juga terus menerus dilakukan untuk memastikan kestabilan kualitas, kuantitas, dan kesinambungan sumber daya airnya. AQUA juga tidak menggunakan bahan kimia pemurni air, sehingga produk air minumnya menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menjalankan gaya hidup sehat.

2. Pengatur Pola Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama manusia yang sangat penting bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Kebutuhan akan tidur yang tercukupi dengan baik dapat mengoptimalkan fungsi otak, metabolisme tubuh, serta kesehatan emosional diri kita. Namun, terkadang tidur yang kita lakukan sehari-hari kurang berkualitas. Mulai dari durasinya yang tidak sesuai, tidak nyenyak, hingga lingkungan yang tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa aplikasi smartphone yang dapat Anda gunakan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Antara lain Calm dan Sleep Cycle. Aplikasi Sleep Cycle pada dasarnya adalah aplikasi alarm dan pengatur waktu yang dapat memberitahukan kapan Anda harus mulai tidur dan kapan Anda sebaiknya bangun. Aplikasi ini juga dapat mengukur kualitas tidur Anda setiap harinya. Aplikasi lainnya, Calm dapat memandu Anda untuk melakukan meditasi dan relaksasi, serta mengatur nafas dengan baik. Sehingga tubuh Anda semakin rileks dan membuat tidur Anda semakin nyenyak dan berkualitas.

3. Pengatur Pola Makan

Pola makan yang baik sudah jelas sangat penting bagi kesehatan tubuh. Untuk membantu merencanakan pola makan yang baik, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi, antara lain Healthy Food Diet Plan dan Zipongo. Aplikasi tersebut menampilkan berbagai menu menu sehat yang sesuai dengan kebutuhan gizi Anda sehari-hari.

Selain itu, Anda juga secara spesifik dapat memilih menu yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, misalnya jika anda menderita diabetes, hipertensi, dan sebagainya. Terdapat pula pilihan menu yang tepat ketika Anda ingin menurunkan berat badan Anda.

4. Pemandu Gerakan Olahraga

Setelah minum air putih secara teratur, tidur yang cukup, serta menjalankan pola makan dengan gizi yang tepat, penunjang gaya hidup sehat yang juga sangat penting adalah berolahraga. Kegiatan olahraga sangat penting dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Namun, terkadang kita merasa malas atau terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga kegiatan ini pun terabaikan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi antara lain 30 Day Fitness Challenge dan Sworkit. Aplikasi ini dapat memandu Anda untuk melakukan berbagai gerakan olahraga, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Anda juga dapat memilih gerakan-gerakan olahraga yang secara spesifik dapat mengencangkan dan membentuk bagian-bagian tubuh tertentu.

Berbagai aplikasi tersebut dapat membantu dan memandu Anda untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan cara yang baik dan benar. Namun, tentu saja semua itu harus didukung dengan niat dan komitmen yang kuat dari dalam diri Anda, serta dilakukan secara konsisten dan disiplin. Kalau tidak, aplikasi-aplikasi tersebut hanya akan menjadi penghias smartphone Anda, deh.

Sekarang saatnya jalankan hidup sehat dalam keseharian Anda. Mulailah dengan minum air putih dengan kualitas tinggi yang secara konsisten terjaga kemurniannya seperti AQUA yang lebih dari 45 Tahun, murni langsung dari sumbernya.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh AQUA.