1. Lifestyle

Smartstones Touch Memungkinkan Kita Bicara Lewat Sentuhan

Mayoritas dari kita sering melupakan pentingnya berkomunikasi, hingga suatu ketika ia tak lagi kita miliki. Salah satu pondasi dari komunikasi adalah suara, bayangkan sulitnya hidup tanpa kemampuan mengeluarkan atau mendengar bunyi. Sayangnya, tidak sedikit orang yang telah kehilangan kesanggupan dalam berinteraksi secara verbal.

Namun tak berarti harapan hilang selamanya. Suara hanyalah satu dari banyak metode untuk tetap berhubungan. Andreas Forsland dan rekan-rekannya berhasil menemukan alternatif sekaligus alat penyederhana komunikasi. Mereka menyingkap Smartstones Touch, 'batu pintar' dan platform interaksi antar-manusia yang memungkinkan kita berkirim pesan via sentuhan dan gerakan.

Melalui satu perangkat mungil, Anda bisa saling terhubung dengan orang tua walaupun terpisah oleh jarak. Dan bersama teman-teman dekat, Anda dapat menciptakan kode pesan pribadi dalam bercakap-cakap. Atau berikan device tersebut pada sang buah hati, dan kita tak perlu lagi cemas dimana mereka berada dan bermain. Itulah sedikit fitur yang tersaji dalam Smartstones Touch.

 Info menarik: Ada Komputer Pintar Dalam Bola Mainan Hackaball

Smartstones diklaim sebagai alat komunikasi non-verbal pertama di dunia. Ukurannya kecil, menyerupai batu. Ia bisa dipasangkan seperti kalung, ditambatkan pada aksesoris gelang, sekedar dimasukkan dalam kantong, atau diletakkan di atas meja dengan case wireless charging-nya. Smartstones Touch menyimpan teknologi dan konektivitas layaknya perangkat bergerak modern sejati. Kustomisasi input/output dapat dilakukan melalui aplikasi mobile companion.

Pengoperasiannya sangat sederhana: Anda tinggal melakukan tap, swipe, menggerakan tangan; kemudian Smartstones akan mengubahnya jadi sebuah kata atau kalimat berkat app terintegrasi (mendukung 40 bahasa). Di dalamnya terdapat haptic driver, accelerometer, gyroscope, LED RGB serta speaker. Pengguna dipersilakan mengirimkan pesan ke medium lain contohnya SMS dan push notification. Alat berbentuk batu tersebut juga mampu menerima pesan, dan mengubahnya jadi kombinasi pola getaran, suara, dan cahaya.

Demi merampungkan Smartstones, developer turut berkolaborasi bersama para akademisi dan tim ilmuwan. Selain fungsi pribadi dan ekstensi perangkat mobile, Smartstones Touch memberi sebuah kesempatan kedua bagi penderita Alzheimer, autisme, Parkinson, ALS, dan orang-orang yang kehilangan pendengaran untuk kembali 'bersuara'. Bahkan device unik ini akan sangat berguna buat pengidap tunanetra.

Smartstones Touch kini sedang berada di tahap pengumpulan dana. Jika kampanye sukses, ia dijadwalkan untuk didistribusi kepada pendukung sekitar bulan Desember 2015. Anda sudah boleh memesannya di situs crowdfundingIndie Gogo seharga US$ 150.

Via Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again